PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA PADA UMKM (Studi pada Anggota UMKM Binaan PPKM Wilayah Rancaekek dan Cileunyi)

SONYA OKTARA SABILLA

Informasi Dasar

18.04.1128
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap pertumbuhan usaha pada anggota UMKM binaan Paguyuban Pengusana Kecil dan Menengah (PPKM) wilayah Rancaekek dan Cileunyi.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana tingkat literasi keuangan pada UMKM, bagaimana pertumbuhan usaha pada UMKM, serta seberapa besar pengaruh literasi keuangan terhadap pertumbuhan usaha pada anggota UMKM binaan PPKM wilayah Rancaekek dan Cileunyi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dimana pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis sampling jenuh, dengan jumlah responden sebanyak 35 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan pengujian hipotesis, literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan usaha pada UMKM binaan PPKM wilayah Rancaekek dan Cileunyi. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel yaitu 4,723 > 2,035 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa Literasi Keuangan berpengaruh terhadap Pertumbuhan Usaha sebesar 40,3% sedangkan 59,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam peneitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah literasi keuangan pada anggota UMKM binaan PPKM wilayah Rancaekek dan Cileunyi termasuk dalam kategori tidak baik. Pengetahuan dalam literasi keuangan harus terus ditingkatkan untuk membantu para pelaku UMKM dalam pertumbuhan usahanya.

Kata Kunci : Literasi Keuangan, Pertumbuhan Usaha, UMKM.

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA PADA UMKM (Studi pada Anggota UMKM Binaan PPKM Wilayah Rancaekek dan Cileunyi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SONYA OKTARA SABILLA
Perorangan
Candra Wijayangka
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • BAH2H4 - KEUANGAN BISNIS
  • BAH3P4 - PERENCANAAN KEUANGAN
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • KBI3A3 - PERENCANAAN KEUANGAN
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini