PEMBERITAAN MENGENAI CALON GUBERNUR JAWA BARAT 2018 RIDWAN KAMIL (Analisis Framing pada Media Online Tribun Jabar dan Pikiran Rakyat Edisi September 2017)

ANGGIAN LASMARITO PASARIBU

Informasi Dasar

18.04.1169
070.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian yang berjudul “Pemberitaan Mengenai Calon Gubernur Jawa Barat 2018 Ridwan Kamil (Analisis Framing Pada Media Online Tribun Jabar dan Pikiran Rakyat Edisi September 2018)” bertujuan untuk melihat bagaimana pemberitaan mengenai isu dukungan Partai Golkar kepada salah satu calon kandidat Gubernur Jawa Barat 2018 Ridwan Kamil yang dibingkai oleh dua media online yaitu jabar.tribunnews.com dan pikiran-rakyat.com edisi bulan September 2017 ditinjau dari struktur sintaksis, tematik, skrip dan retoris. Teori yang penulis pakai pada penelitian ini adalah analisis framing Zhongdang Pan dan Kosicki. Metode penelitiannya adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media online jabar.tribunnews.com melakukan pembingkaian berita yang lebih netral. Hal ini terlihat dari isi berita yang disampaikan sesuai dengan pernyataan narasumber. Pemilihan narasumber pun berimbang dimana jabar.tribunnews.com memilih narasumber dari kedua pihak yaitu dari pihak Ridwan Kamil dan Partai Golkar. Sedangkan pembingkaian berita yang dilakukan oleh media online pikiran-rakyat.com lebih menunjukan keberpihakan kepada pihak Dedi Mulyadi selaku perwakilan dari Partai Golkar sekaligus lawan Ridwan Kamil dalam Pilgub Jabar 2018 mendatang. Hal ini terlihat dari isi berita pada pikiran-rakyat.com yang selalu melihat dari sisi Dedi Mulyadi dibandingkan Ridwan Kamil. Narasumber yang dipakai pada berita di pikiran-rakyat.com pun hanya mengambil dari Dedi Mulyadi dan Partai Golkarnya saja, tidak ada dari pihak Ridwan Kamil. Kesimpulan pada penelitian terlihat perbedaan yang cukup signifikan antara media online jabar.tribunnews.com dan pikiran-rakyat.com dalam membingkai berita mengenai isu dukungan Partai Golkar untuk Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018.

Kata Kunci: Berita, Media Online, Pilgub Jabar, Konstruksi Media Massa

Subjek

Journalistics
 

Katalog

PEMBERITAAN MENGENAI CALON GUBERNUR JAWA BARAT 2018 RIDWAN KAMIL (Analisis Framing pada Media Online Tribun Jabar dan Pikiran Rakyat Edisi September 2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGIAN LASMARITO PASARIBU
Perorangan
Agus Aprianti
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini