PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

FEBBY NURAUDITA SURYANA

Informasi Dasar

18.04.1243
658.151 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu tujuan utama perusahaan adalah berorientasi pada laba, sebagai contohnya yaitu dengan meningkatkan dan memaksimalkan nilai perusahaan serta mensejahterakan pemilik perusahaan dan pemegang saham. Memaksimalkan nilai perusahaan sangat penting artinya bagi perusahaan, karena dengan tingginya nilai perusahaan maka perusahaan mampu meningkatkan kemakmuran bagi para pemegang saham. Sehingga dapat memberikan sinyal positif dimata investor untuk menanamkan modalnya dan berinvestasi dalam sebuah perusahaan apabila nilai perusahaannya meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari laporan keuangan yang di ambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan Saham OK (www.sahamok.com).
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri barang konsumsi sub sektor farmasi yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 7 sampel perusahaan dalam kurun waktu 5 tahun sehingga didapat 35 unit sampel perusahan sub sektor farmasi periode 2012-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Software Eviews 9.0. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan, secara simultan Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan adjusted R2 sebesar 0.636660. Sedangkan secara parsial, Leverage tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas berpengaruh dengan arah negatif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, apabila perusahaan sub sektor farmasi menginginkan untuk meningkatkan Nilai Perusahaan, maka perusahaan perlu meningkatkan Ukuran Perusahaan agar dapat menarik minat investor dalam menanamkan modal dan berinvestasi. Selain itu, manajemen perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan profitabilitasnya agar laba atau keuntungan bagi investor tidak pas-pasan sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Kata Kunci : Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Subjek

PROFITABILITY
 

Katalog

PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBBY NURAUDITA SURYANA
Perorangan
Sri Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom, Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini