USULAN KEBIJAKAN PERAWATAN DAN BIAYA PADA MESIN 1110 JC DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILTY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN COST OF UNRELIABILITY (COUR) (STUDI KASUS: PT. XYZ)

LALU GALEH INGGIL FATRISTYA

Informasi Dasar

18.04.1318
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan salah satu perusahaan industri pupuk yang ada di Indonesia yang terletak di daerah Karawang, Jawa Barat. Aktivitas produksi pada perusahaan berlangsung selama 24 jam. Untuk mengetahui kebijakan maintenance dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan pada mesin 1110 JC maka digunakan metode Realibity Centered Maintenance (RCM) dan Cost of Unreliability (COUR). Dengan metode Realibity Centered Maintenance (RCM) dapat diketahui kebijakan maintenance yang optimal seperti penjadwalan maintenance dan biaya perawatan mesin. Metode lain yaitu Cost of unreliability (COUR) untuk mengidentifikasi biaya kerugian yang dikeluarkan oleh perusahaan atas kerusakan komponen pada mesin 1110 JC. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengukuran dengan menggunakan metode RCM diperoleh kebijakan maintenance untuk komponen pada mesin 1110 JC adalah scheduled on-condition task sebanyak 9 yang terdapat pada komponen Stator sebanyak 4, Rotor sebanyak 3 dan Gear Couling sebanyak 2. Kemudian untuk Scheduled discard task sebanyak 2 yang terdapat komponen Mechanical Seal. Interval waktu perawatan didapatkan berbeda-beda berdasarkan task masing-masing. Biaya perawatan usulan diperoleh Rp.37.399.066.865 dimana biaya tersebut lebih kecil dari biaya perawatan existing. Kemudian metode COUR biaya yang disebabkan berdasarkan corrective time Rp.17.716.712.514 dan Rp.29.439.880.650 berdasarkan downtime.

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

USULAN KEBIJAKAN PERAWATAN DAN BIAYA PADA MESIN 1110 JC DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILTY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN COST OF UNRELIABILITY (COUR) (STUDI KASUS: PT. XYZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LALU GALEH INGGIL FATRISTYA
Perorangan
FRANSISKUS TATAS DWI ATMAJI, ENDANG BUDIASIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4DB3 - MANAJEMEN ASET
  • IEH4DA3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEH4DD3 - REALIBILITY DAN MAINTAINABILITY
  • IEI4U3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEI4S3 - MANAJEMEN ASET

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini