Tinjauan Manajemen Pelayanan Konsumen PT.Telkom Kandatel Bandung (Studi Perbandingan Surat Pernyataan Berlangganan Sambungan Telekomunikasi dengan Ketentuan UU No.8 Tahun 1999 dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)

Putri Dimitra Mulawaty

Informasi Dasar

S.863
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hubungan hukum antara PT. Telkom. Sebagai penyelenggara jasa telekomunikasi dengan para pelanggannya selama ini disasarkan pada surat pernyataan sambungan telekomunikasi (SPBST). SPBST tersebut telah dibuat dalam bentuk perjanjian baku oleh PT. Telkom. Dalam SPBST diatur mengenai pengaturan hak dan kewajiban bagi pihak konsumen maupun pihak PT. Telkom. Tujuan diadakan penelitian ini adalah unuk mengetahui penilaian konsumen mengenai manajemen pelayanan konsumen yang dilakukan oleh PT. Telkom, untuk mengimbangi ketidakseimbangan hak dan kewajiban para pihak yang terkait dengan adanya SPBST, ditunjang dengan peraturan-peraturan yang terkait seperti Undang-undang no. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Kitab Undang-undang Hukum Perdata, dengan objek penelitian yaitu pihak yang terkait dalam pelayanan sambungan telekomunikasi PT. Telkom kandatel Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data diperoleh dengan cara studi pustaka dan wawancara kepada tiga klasifikasi informan, yaitu beberapa karyawan PT. Telkom yang terkait langsung dengan bagian pelauanan konsumen sebagai informan kunci, 100 orang pelanggan PT. Telkom kandatel bandung sebagai informan utama, dan konsumen yang pernah terlibat sengketa secara langsung dengan PT. Telkom sebagai informan tambahan. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa walaupun terdapat kecenderungan ketidakseimbangan antara hak dan kewajiban yang merugikan konsumen, ternyata hanya 0,00156% yang melaporkannya kepada pihak Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Apabila hal ini dikaitkan dengan manajemen pelayanan konsumen PT. Telkom ternyata PT. Telkom dapat menyeimbangkan dengan disediakannya tempat-tempat pengelolaan keluhan konsumen yang dapat menyelesaikan setiap keluhan konsumen, sehingga masih terjalinnya hubungan hukum dan hubungan bisnis yang harmonis antara kedua belah pihak.

Subjek

SERVICE MANAGEMENT-CUSTOMER RELATIONS
SERVICE MANAGEMENT-CUSTOMER RELATIONS, CONTRACTS-SERVICE INDUSTRIES

Katalog

Tinjauan Manajemen Pelayanan Konsumen PT.Telkom Kandatel Bandung (Studi Perbandingan Surat Pernyataan Berlangganan Sambungan Telekomunikasi dengan Ketentuan UU No.8 Tahun 1999 dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata)
 
xiii, 156p.: il.; 21cm+ lampiran.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Putri Dimitra Mulawaty
Perorangan
Prodi MBTI
 

Penerbit

IM Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini