PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LIKUIDITAS SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Non Perbankan yang Termasuk dalam Indeks LQ 45 pada Tahun 2011-2016)

LIA MAULIDIA SALIM

Informasi Dasar

18.04.1557
332.632 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Likuiditas saham sangat penting bagi perusahaan karena likuiditas saham merupakan salah satu indikator kinerja perusahaan. Saham yang memiliki likuiditas tinggi merupakan saham yang paling diminati oleh investor karena saham yang memiliki likuiditas yang tinggi biasanya merupakan saham dari perusahaan yang memiliki kinerja yang baik. Dan perusahaan yang memiliki kinerja keuangan baik, akan lebih memberikan keuntungan bagi investor. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Asset (ROA), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), dan ukuran perusahaan terhadap likuiditas saham perusahaan non perbankan LQ 45 periode 2011 hingga 2016 baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data yang berasal dari laporan keuangan dan fact book yang diterbitkan oleh BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non perbankan indeks LQ 45 periode 2011 hingga 2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh 15 perusahaan non perbankan LQ 45 periode penelitian 201-2016. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dan data diolah dengan menggunakan bantuan eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara simultan Return on Asset (ROA), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap likuiditas saham. Sedangkan secara parsial, profitabilitas yang diukur dengan Return on Asset (ROA) memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap likuiditas saham. Likuiditas perusahaan yang diukur dengan Current Ratio (CR) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap likuiditas saham. Solvabilitas yang diukur menggunakan Debt to Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap likuiditas saham. Ukuran perusahaan yang diukur dengan LN to Total Asset memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap likuiditas saham. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka bagi perusahaan yang ingin meningkatkan likuiditas saham perusahaannya maka dapat mempertahankan atau menekan nilai DER agar tetap rendah.

Kata kunci : profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas saham

Subjek

STOCK
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LIKUIDITAS SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Non Perbankan yang Termasuk dalam Indeks LQ 45 pada Tahun 2011-2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LIA MAULIDIA SALIM
Perorangan
Vaya Juliana Dillak
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini