PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN DEWAN KOMISARIS, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Retail yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)

RATIH UTAMI DEWI

Informasi Dasar

18.04.1561
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Corporate Social Responsibility atau disebut Tanggung Jawab Sosial perusahaan merupakan suatu tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar yang terkena dampak dari kegiatan suatu perusahaan. Perusahaan tidak hanya mementingkan profit yang akan didapatkan oleh perusahaan. Tetapi dampak yang terjadi di lingkungan sosial perusahaan tersebut. Manfaat CSR tidak hanya dirasakan oleh lingkungan sekitar tetapi turut dirasakan pula oleh perusahaan yang akan dinilai positif oleh stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang menentukan pengungkapan corporate social responsibility diantaranya ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan umur perusahaan, naik sevara simultan maupun parsial pada perusahaan perdagangan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Data yang digunkan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perdagangan ritel. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 18 perusahaan dengan periode penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 9. Hasil penelitian uji t menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan, umur perusahaan berpengaruh positif signifikan, sedangkan ukuran dewan komisaris berpengaruh negatif signifikan. Hasil penelitian uji F menunjukan bahwa secara simultan ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan umur perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan adjusted R2 sebesar 0.925654. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan perusahaan untuk memaksimalkan sumber daya yang ada untuk lebih memiliki kemampuan untuk bertahan yang labih baik. Diharapkan perusahaan lebih menyeimbangkan antara jumlah dewan komisaris dan manajemen agar lebih efektif menjalankan koordinasi dalam kegiatan coporate social responsibility. Dan untuk perusahaan yang baru saja berdiri agar lebih memperhatikan kegiatan di bidang sosial untuk membangun citra yang baik dimata masyarakat dan investor.

Kata Kunci: ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, umur perusahaan, pengungkapan corporate social responsibility

Subjek

SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN DEWAN KOMISARIS, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Retail yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RATIH UTAMI DEWI
Perorangan
Muhamad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini