PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS, RISK MANAGEMENT COMMITTE (RMC) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi pada Sektor Perbankan yang Listing di BEI Periode 2014-2016)

WILSON AMB SINAGA

Informasi Dasar

18.04.1739
658.155
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu hal yang disoroti investor dalam mempertimbangkan keputusan investasi pada perusahaan adalah manajemen resiko perusahaan dimana dalam penelitian ini adalah enterprise risk management. Salah satu aspek penting dalam pencapaian tujuan perusahaan adalah pengungkapan resiko dan bagaimana mengelolanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran dewan komisaris, risk management committee dan ukuran perusahaan terhadap penerapan enterprise risk management pada Bank Umum yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum yang terdaftar pada BEI. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 38 Bank Umum dengan periode penelitian pada tahun 2014-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ukuran dewan komisaris, risk management committee dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap penerapan enterprise risk management. Sedangkan secara parsial, ukuran dewan komisaris berpengaruh negatif signifikan terhadap penerapan enterprise risk management. risk management committee (RMC) tidak berpengaruh terhadap penerapan enterprise risk management. dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan enterprise risk management.

Kata kunci : Ukuran Dewan Komisaris, Risk Management Committee (RMC), Ukuran Perusahaan, Enterprise Risk Management

Subjek

RISK MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS, RISK MANAGEMENT COMMITTE (RMC) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi pada Sektor Perbankan yang Listing di BEI Periode 2014-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WILSON AMB SINAGA
Perorangan
MOHAMAD RAFKI NAZAR, MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini