Pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap Return On Asset (ROA) (Studi kasus pada Bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)

DEVIANDINI MARTINA NOOR

Informasi Dasar

18.04.1750
332.632 28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perekonomian global saat ini tidak terlepas dari peranan lembaga keuangan seperti perbankan. Perbankan memberikan manfaat mekanisme alokasi sumber-sumber dana yang efektif dan efisien, perbankan juga menyediakan jasa keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat. Kinerja bank dapat memberikan kepercayaan kepada investor dan deposan untuk menyimpan dananya. Profitabilitas merupakan hal yang penting bagi bank karena digunakan untuk mengukur efektifitas bank dalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan aktiva yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti mengenai return on asset dalam laporan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016. Tujuan lainnya adalah untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan perbankan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keungan tahunan periode 2013-2016. Populasi yang digunakan adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Berdasarkan purposive sampling diperoleh 32 sample perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel loan to deposit ratio, biaya operasional pendapatan operasional dan net interest margin berpengaruh secara simultan terhadap retrun on asset. Variabel loan to deposit ratio dan net interest margin secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah yang positif terhadap retrun on assset. Sedangkan variabel biaya operasional pendapatan operasional secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah yang negatif terhadap retrun on asset.

Kata Kunci: Loan to Deposit ratio; Biaya Operasional Pendapatan Operasional; Net Interest Margin; Return On Asset.

Subjek

STOCK EXCHANGE
 

Katalog

Pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap Return On Asset (ROA) (Studi kasus pada Bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEVIANDINI MARTINA NOOR
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK, WIWIN AMINAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini