PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI SAWAHLUNTO INTERNATIONAL SONGKET CARNIVAL

MUHAMAD ZIKRI

Informasi Dasar

18.04.1803
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Event merupakan salah suatu strategi komunikasi yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan dan pemerintah untuk memperkenalkan suatu keunggulan diri atau produk yang dijual kepada khalayaknya. Pemanfaatan event sebagai alat promosi seringkali dinilai lebih efektif dari pada pengalokasian dana dengan media massa. Dalam merencanakan sebuah event istimewa tentu saja memerlukan persiapan yang matang, serta harus menggunakan strategi promosi yang yang tepat dan menarik pada khalayaknya. Sawahlunto Internasional Songket Carnival merupakan event tahunan yang sangat megah di Kota Sawahlunto yang diselenggarakan pertama kali pada 28-30 agutus 2015 yang diprakarsai oleh walikota Sawahlunto Ali Yusuf. Acara yang sudah berumur 3 tahun ini diselenggarakan oleh kota Sawahlunto sebagai salah satu sarana untuk mempresentasikan dan memvisualisasikan potensi songket Sawahlunto yang sangat luar biasa berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat disana. Selain itu event ini juga sarana mempromosikan berbagai kerajinan masyarakat dan potensi pariwisata Kota Sawahlunto, Sumatera Barat dalam era masyarakat Ekonomi ASEAN. Namun Sawahlunto Internasional Songket Carnaval masih mengalami kekurangan pada penanganan promosi, dan berpengaruh terhadap perubahan dari tahun ke tahun pada jumlah pengunjung yang ikut dan menyaksikan mayoritas hanya masyarakat lokal. Oleh karena itu butuhnya perbaikan dalam penangan strategi promosi dengan khalayak yang telah ditentukan 18-35 tahun, perancangan ini berguna untuk meningkatkan citra acara Sawahlunto Internasional Songket Carnaval. Dengan perancangan strategi promosi ini diharapkan dapat memberikan identitas visual khususnya pada event Sawahlunto Internasional Songket Carnival. Identitas ini nantinya akan bermanfaat bagi pengenalan atau promosi kota Sawahlunto kepada siapapun terutama kepada wisatawan baik lokal maupun international dan dilain hal dapat memberikan suatu keuntungan terhadap event kota yang diselenggarakan pemerintah kota Sawahlunto. Dari hasil penelitian ini adalah perancangan strategi promosi yang menggunakan bentuk strategi media AISAS, dari strategi media yang yang digunakan berfungsi sebagai media informasi dan berguna sebagai alat memvisualisasikan acara Sawahlunto International Songket Carnival. Setelah melakukan penilitian dan observasi media promosi yang digunakan adalah, poster, billboard, flyer, Merchandise, web, video teaser. Dan melakukan sedikit tambahan rundown yaitu pra event guna untuk memperkenalkan dan menyampaikan informasi secara merata terutama di bagian pulau Sumatera.

Kata Kunci: Promosi, kebudayaan, Advertising, Event, Sawahlunto

Subjek

ADVERTISING STRATEGY
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI SAWAHLUNTO INTERNATIONAL SONGKET CARNIVAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD ZIKRI
Perorangan
IMAN SUMARGONO, M. HIDAYATULLOH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini