ANALISIS IMBAL HASIL KONTRAK OPSI MENGGUNAKAN STRATEGI LONG STRADDLE DAN STRATEGI SHORT STRADDLE DENGAN METODE BLACK SCHOLES

GISYARI NURUL ISTIQAMAH SURUR

Informasi Dasar

18.04.1820
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Investasi yang dilakukan oleh investor di pasar modal tidak pernah lepas dari risiko. Semakin besar tingkat risiko suatu aset, semakin besar pula risiko atas aset tersebut, demikian pula sebaliknya. Salah satu risikonya adalah pergerakan harga saham yang tidak menentu. Mengelola risiko dari pergerakan harga saham tersebut digunakan instrumen derivatif. Salah satu instrumen derivatif yang diperdagangkan di Indonesia adalah kontrak opsi.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis imbal hasil kontrak opsi menggunakan strategi long straddle dan strategi short straddle dengan metode black scholes. Selain itu, penelitian ini juga akan membandingkan strategi mana yang lebih baik antara kedua strategi tersebut. Variabel-variabel yang terkait dalam penelitian ini adalah analisis imbal hasil menggunakan strategi strategi long straddle dan analisis imbal hasil menggunakan strategi short straddle.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 5 perusahaan sebagai sampel. Perusahaan tersebut adalah PT Astra International Tbk (ASII), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM), dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).

Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang cocok digunakan adalah strategi long straddle karena keuntungan yang dihasilkan tidak terbatas dan kerugian hanya sebesar premi call dan put. Imbal hasil antara strategi long straddle dan strategi short straddle memiliki hasil yang sama.

Bagi investor yang ingin melakukan investasi di pasar derivatif, khususnya kontrak opsi sebaiknya investor melihat pergerakan harga saham. Jika pergerakan harga saham naik atau turun secara drastis, maka sebaiknya menggunakan strategi long straddle. Selain itu, investor sebaiknya memilih kontrak opsi dengan masa berlaku 2 bulan karena berpotensi memberikan keuntungan yang lebih besar.

Kata Kunci: Derivatif, Kontrak Opsi, Long Straddle, Short Straddle, Black Shcoles

Subjek

Invesment
 

Katalog

ANALISIS IMBAL HASIL KONTRAK OPSI MENGGUNAKAN STRATEGI LONG STRADDLE DAN STRATEGI SHORT STRADDLE DENGAN METODE BLACK SCHOLES
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GISYARI NURUL ISTIQAMAH SURUR
Perorangan
DEANNES ISYNUWARDHANA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini