PERENCANAAN JARINGAN LTE-ADVANCED PRO MENGGUNAKAN METODE LICENSED ASSISTED ACCESS DENGAN MENGGABUNGKAN SPECTRUM LICENSED DI FREQUENCY 1800 MHZ DAN UNLICENSED DI 5 GHZ

ARIF MUBAROK

Informasi Dasar

18.04.1983
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan internet mobile terus meningkat dengan rata-rata usia produktif menghabiskan 3 jam per hari melalui perangkat mobile. Banyaknya aktivitas didalam ruangan, semakin banyak jumlah smartphone dan trafik yang berarti lonjakan besar pada langganan seluler. Seiring dengan meningkatnya lalu lintas data yang sangat besar dan keterbatasan spektrum yang tersedia, penyedia layanan nirkabel merespons dengan melakukan penyesuaian terhadap teknologi LTE. Dengan hadirnya LTE-AP yang didukung spectrum unlicensed operator telkomsel bisa menikmati spectrum unlicensed untuk meningkatkan kapasitas dan throughput.

Pada tugas akhir ini dilakukan perencanaan jaringan LTE-Advanced Pro menggunakan metode Licensed Assisted Access dengan menggabungkan spectrum unlicensed 20 MHz di band 36 (5180 MHz) dan sprectrum licensed 20 MHz di band 3 (1800 MHz). Untuk melihat peningkatan performansi penggunaan Licensed Assisted Access, dilakukan perencanaan Jaringan LTE menggunakan bandwidth 20 MHz di band 3 (1800 MHz). Dalam melakukan perencanaan jaringan LTE-AP, dilakukan analisis dan simulasi menggunakan software U-Net V500.

Hasil simulasi untuk perencanaan jaringan LTE didapat nilai rata-rata RSRP ? -77.71 dBm, SINR ? 11.88 dB, Throughput ? 37.079 Mbps dan User connected = 98.00%, sedangkan LTE-AP didapatkan nilai rata-rata RSRP ? -73.51 dBm, SINR ? 17.02 dB, Throughput ? 49.739 Mbps dan User connected = 100,00%. Berdasarkan standart key performance indicators (KPI) operator Telkomsel, Dari hasil simulasi menggunakan software U-Net v500 perencanaan jaringan LTE dan LTE-AP mencapai standart KPI yaitu rata-rata throughput mencapai ? 12 Mbps dan user connected ? 90%. Berdasarkan hasil simulasi perencanaan jaringan LTE dan LTE-AP, perencanaan jaringan LTE-AP lebih baik untuk di implementasikan di kota bandung, karena dapat menjadi solusi keterbatasan spektrum operator serta performansi jaringan yang dihasilkan sangat baik dari sisi coverage dan capacity.

Kata kunci : LTE-Advanced Pro, LTE_Licensed Assisted Access, RSRP, SINR, Throughput, user connected.

Subjek

Communications engineering-digital transmission
 

Katalog

PERENCANAAN JARINGAN LTE-ADVANCED PRO MENGGUNAKAN METODE LICENSED ASSISTED ACCESS DENGAN MENGGABUNGKAN SPECTRUM LICENSED DI FREQUENCY 1800 MHZ DAN UNLICENSED DI 5 GHZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIF MUBAROK
Perorangan
UKE KURNIAWAN USMAN, GALIH PURNOMO FITRIANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4F3 - JARINGAN NIRKABEL
  • TTH4H3 - KOMUNIKASI NIRKABEL PITA LEBAR
  • TTH4G3 - MODEL DAN SIMULASI JARINGAN KOMUNIKASI
  • TTH2B1 - PRAKTIKUM TEKNIK TELEKOMUNIKASI I
  • TTH2E1 - PRAKTIKUM TEKNIK TELEKOMUNIKASI II
  • TTH4I3 - REKAYASA RADIO
  • TTH3A4 - SISTEM KOMUNIKASI
  • TE4103 - SISTEM KOMUNIKASI BERGERAK
  • TTH4A3 - SISTEM KOMUNIKASI NIRKABEL
  • TTI4Q3 - REKAYASA RADIO

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini