TOURIST EXPERIENCE PADA TIGA LOKASI WISATA EDUKASI DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS PADA MUSEUM GEOLOGI, KEBUN BINATANG BANDUNG, DAN BANDUNG SCIENCE CENTER)

VANESA AGUSTIANI

Informasi Dasar

18.06.410
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kota Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki daya tarik wisata yang cukup tinggi. Salah satunya wisata edukasi, wisata edukasi merupakan konsep wisata yang menerapkan pendidikan nonformal mengenai suatu pengetahuan kepada wisatawan yang berkunjung ke suatu objek wisata. Namun sebagian besar wisatawan berkunjung untuk melakukan wisata belanja, wisata alam dan wisata kuliner dibandingkan wisata edukasi. Hal ini disebabkan kurangnya objek dan daya tarik wisata, aksebilitas dan amenitas (fasilitas penunjang wisata). Pariwisata sebagai industri jasa harus mampu memberikan pengalaman kepada setiap wisatawan yang berkunjung. Tourist Experience adalah istilah yang dibangun secara sosial di mana makna dari pengalaman wisata dikaitkan dengan berbagai interpretasi dari komponen sosial, lingkungan, dan aktivitas dari keseluruhan pengalaman. Pengalaman yang didapatkan menjadi pertimbangan wisatawan dalam menentukan objek wisata yang akan dikunjungi. Tourist Experience diukur melalui dimensi object experience, cognitive experience, introspective experience, dan social experience. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 302 responden yang pernah berkunjung ke wisata edukasi Museum Geologi Bandung, Kebun Binatang Bandung dan Bandung Science Center. Hasil penelitian menunjukan bahwa Cognitive Experience yang dirasakan wisatawan di wisata edukasi Kota Bandung memiliki persentase yang paling tinggi sebesar 78,14%. Hal ini dikarenakan Tingkat pengetahuan dan Tingkat pemahaman yang wisatawan dapatkan di daya tarik wisata. Social Experience yang dirasakan wisatawan di wisata edukasi Kota Bandung memiliki persentase paling rendah sebesar 73,50%. Kurangnya ketersediaan fasilitas untuk berkumpul dan berinteraksi dengan pengunjung lain. Dapat disimpulkan bahwa Tourist Experience di Wisata Edukasi di Kota Bandung cukup mengesankan dirasakan oleh wisatawan. Namun perlu adanya peningkatan terkait fasilitas yang diberikan untuk wisatawan. Kata Kunci : Pengalaman wisatawan, Wisata Edukasi, Kota Bandung

Subjek

HOSPITALITY
 

Katalog

TOURIST EXPERIENCE PADA TIGA LOKASI WISATA EDUKASI DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS PADA MUSEUM GEOLOGI, KEBUN BINATANG BANDUNG, DAN BANDUNG SCIENCE CENTER)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VANESA AGUSTIANI
Perorangan
UMI SUMARSIH, ERSY ERVINA
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Informatika
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • DHG3F2 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • DHH1B2 - PENGANTAR ILMU PARIWISATA
  • DHH3G4 - PROYEK AKHIR
  • VHI3A4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini