PENGARUH LEVERAGE, KUALITAS AUDIT DAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan yang Termasuk Dalam Indeks LQ45 Tahun 2013-2016)

A Z PATHONI NASUTION

Informasi Dasar

18.04.2341
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba adalah upaya manajemen perusahaan untuk mengintervensi atau mempengaruhi informasi keuangan yang terdapat di dalam laporan keuangan yang mana hal ini digunakan untuk mengelabui investor yang ingin mengetahui kinerja dan kondisi keuangan perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh leverage, kualitas audit, dan dewan komisaris independen terhadap manajemen laba pada perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2016. Sampel yang dipilih berdasarkan purposive sampling sebanyak 26 perusahaan. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data berupa regresi data panel, yang merupakan gabungan dari data time series dan cross section. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba, kualitas audit secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba, dan dewan komisaris independen secara tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba.Secara simultan variabel independen leverage, kualitas audit, dan dewan komisaris independen memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen manajemen laba. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran pengetahuan kepada para investor maupun calon investor dalam melaksanakan investasinya pada perusahaan yang terdaftar di indeks LQ-45 industri agar memperhatikan variabel yang berpengaruh pada penelitian ini, untuk melihat apakah perusahaan tersebut melakukan tindakan manajemen laba atau tidak. Kata Kunci: leverage, kualitas audit, dan dewan komisaris independen, Manajemen Laba.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH LEVERAGE, KUALITAS AUDIT DAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan yang Termasuk Dalam Indeks LQ45 Tahun 2013-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

A Z PATHONI NASUTION
Perorangan
MOHAMAD RAFKI NAZAR, WIWIN AMINAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini