Pola Komunikasi dan Budaya Komunitas Hiking di Bandung (Studi Deskriptif mengenai Komunitas Bandung Hash House Harriers)

MARGARETHA AURELIA REDYNADIANTI

Informasi Dasar

18.04.2374
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi antar individu baik melalui tanda maupun tingkah laku yang memiliki suatu pola yang disebut dengan pola komunikasi. Pola komunikasi adalah suatu bentuk atau pola hubungan antara dua orang atau lebih dalam suatu proses pengiriman pesan. Tren lari yang kembali populer di kalangan masyarakat pada tahun 2013 ini melahirkan berbagai komunitas lari secara global dan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui proses komunikasi dan pertukaran budaya yang terjadi di dalam komunitas Bandung Hash House Harriers (BHHH) yang merupakan salah satu komunitas lari di Bandung yang fokus kegiatannya adalah lari lintas alam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, metode dengan proses pengumpulan data melalui observasi di lapangan dan wawancara mendalam yang digunakan untuk memahami fenomena yang dialami subjek penelitian. Penulis menarik kesimpulan bahwa komunitas Bandung Hash House Harriers (BHHH) melalui dua pola komunikasi yang dimiliki membuat proses komunikasi berjalan efektif. Dengan campuran budaya yang terbentuk di dalam komunitas, mampu melmbangun nilai-nilai positif antar sesama anggota melalui toleransi dalam berbudaya.

Kata kunci: Komunikasi, Budaya Kelompok, Pola Komunikasi, dan Komunitas

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

Pola Komunikasi dan Budaya Komunitas Hiking di Bandung (Studi Deskriptif mengenai Komunitas Bandung Hash House Harriers)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARGARETHA AURELIA REDYNADIANTI
Perorangan
MUHAMMAD SUFYAN ABDURRAHMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini