PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA DOMAIN DSS (DELIVER, SERVICE, SUPPORT) (STUDI KASUS: PT LEN RAILWAY SYSTEMS)

KOMALA BULQIS

Informasi Dasar

18.04.2456
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Len Railway Systems merupakan anak perusahaan dari PT. Len Industri (persero), salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang Railway Signalling Systems. Saat ini kondisi IT pada perusahaan masih belum terintegrasi satu dengan lainnya, setiap divisi memiliki bagian IT yang tersendiri untuk mendukung tugas pokok pada divisi terkait. Kondisi seperti ini bagian IT masih berjalan masing-masing sehingga pemanfaatan IT masih kurang maksimal untuk memberikan nilai bagi perusahaan. Dengan kondisi IT yang masih terpisah pada setiap divisi hal ni mengakibatkan peran TI pada perusahaan ini hanya sebatas pada supporting perusahaan seperti perbaikan jaringan, infrastruktur, dan email. Hal ini membuat TI belum dikelola dengan baik karena pengelolaannya masih tumpang tindih dengan pengelolaan lainnya. Sehingga diperlukan perancangan tata kelola TI agar praktik tata kelola di perusahaan dapat diimplementasikan sehingga meningkatkan kapabilitas perusahaan. Usulan tata kelola menggunakan framework COBIT 5 yang berfokus pada domain DSS (Deliver, Service, Support). Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi lapangan dan studi pustaka untuk melakukan identifikasi masalah pada perusahaan. Kemudian dilakukan assessment berdasarkan kondisi eksisting perusahaan dengan kondisi ideal yang sesuai dengan COBIT 5, dan didapat suatu kesenjangan yang harus dipenuhi oleh pihak perusahaan. Hasil pada penelitian ini akan membuat rekomendasi struktur organisasi, deskripsi kerja kebijakan tata kelola, standar operasional prosedur dan key performance indicator ini diharapkan dapat membantu PT. LRS untuk memberikan value dalam mendukung proses bisnis. Hasil akhir rekomendasi pada penelitian ini sudah dilakukan proses validasi dan verifikasi oleh pihak perusahaan untuk menilai kesesuaian kebutuhan bagian IT dan untuk mendukung praktik tata kelola pada perusahaan. Sebagaimana sudah diterapkan dalam peraturan pemerintah BUMN bahwa setiap perusahaan BUMN harus menerapkan tata kelola TI untuk mendukung poses bisnis perusahaan.

Kata Kunci: Tata Kelola Teknologi Informasi, COBIT 5, DSS (Deliver, Service, Support)

Subjek

Information system management
 

Katalog

PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA DOMAIN DSS (DELIVER, SERVICE, SUPPORT) (STUDI KASUS: PT LEN RAILWAY SYSTEMS)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KOMALA BULQIS
Perorangan
Yuli Adam Prasetya, Anwar Sadat
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini