PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA DOMAIN APO (ALIGN, PLAN, ORGANIZE) (STUDI KASUS: PT LEN RAILWAY SYSTEMS)

MARIA AYU CAHYANINGRUM

Informasi Dasar

18.04.2457
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Len Railway Systems (PT LRS) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang merupakan anak perusahaan PT Lembaga Elektronika Nasional (PT. LEN) yang bergerak dibidang industri dan prasarana salah satunya kereta api. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 sehingga masih dalam tahap pengembangan salah satunya dari segi teknologi informasi (TI) perusahaan. Seiring berjalannya waktu kemajuan teknologi informasi dalam perusahaan semakin dibutuhkan dilihat dari banyaknya data dan pengguna. Namun peran TI pada perusahaan belum dikelola dengan baik, hal ini dibuktikan dengan kerja TI yang belum terintegrasi satu sama lain karena setiap divisi memiliki bagian TI masing-masing. Kondisi ini menyebabkan tidak ada komunikasi yang baik dan terarah dalam mendukung proses bisnis yang berlangsung. Selain itu, perusahaan belum memiliki kebijakan, rencana jangka panjang, dan standar prosedur terkait TI. Menanggapi situasi tersebut dilakukan pembuatan usulan Tata Kelola Teknologi Informasi pada PT LRS menggunakan framework COBIT 5 sebagai kerangka kerja. Implementasi tata kelola TI memastikan peran TI selaras dengan tujuan bisnis perusahaan melalui strategic alignment dan risk analysis yang menhasilkan proses prioritas. Kemudian dilakukan assessment seven enabler terhadap proses prioritas dan perancangan terhadap aspek people, process, dan technology. Domain APO (Align, Plan, Organize) yang menjadi fokus penelitian menghasilkan rancangan tata kelola TI berupa kebijakan, Standard Operational Procedure (SOP), penambahan deskripsi kerja, usulan teknologi, dan usulan kompetensi sumber daya manusia. Rekomendasi Tata Kelola TI sudah diverifikasi oleh PT LRS dan diharapkan dapat membantu PT LRS dalam implementasi Tata Kelola TI pada masa yang akan datang sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Kata Kunci: Tata Kelola Teknologi Informasi, COBIT 5, Domain APO (Align, Plan, Organize).

Subjek

Information system management
 

Katalog

PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA DOMAIN APO (ALIGN, PLAN, ORGANIZE) (STUDI KASUS: PT LEN RAILWAY SYSTEMS)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARIA AYU CAHYANINGRUM
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, Anwar Sadat
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4O3 - AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • IS4443 - AUDIT SISTEM INFORMASI
  • ISG3L3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini