Pengaruh Modal Intelektual dan Pengungkapan Laporan Keberlanjutan terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)

SRI WULANDARI MARTININGSIH

Informasi Dasar

18.04.2652
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia merupakan perusahaan yang membutuhkan dana dari para investor sehingga para stakeholder memiliki peranan penting dalam keberlangsungan perusahaan. perusahaan harus melakukan pengembalian atas investasi yang telah dilakukan investor sehingga perusahaan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan keuntungan. Rasio profitabilitas dapat digunakan untuk mengukur keuntungan yang di dapat perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi profitabilitas perusahaan diantaranya adalah modal intelektual yang dihitung menggunaakan rumus VAICTM dan pengungkapan laporan keberlanjutan yang dihitung menggunakan rumus IndexSR berdasarkan Pedoman Laporan Keberlanjutan GRI-G4.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 19 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah statitistik deskriptif dan regresi data panel. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan signifikansi 5%.

Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan modal intelektual dan pengungkapan laporan keberlanjutan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan sebesar 31,4701%. Secara parsial, modal intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas sedangkan pengungkapan laporan keberlanjutan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Kata kunci: Profitabilitas, modal intelektual, laporan keberlanjutan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Modal Intelektual dan Pengungkapan Laporan Keberlanjutan terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SRI WULANDARI MARTININGSIH
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini