PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) (STUDI PADA CAWANG ART, KRIYA NUSANTARA)

ALISYA DWI ANGGRIANI

Informasi Dasar

18.04.2693
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Warisan budaya dan nilai-nilai tradisional Indonesia mengandung banyak kearifan lokal yang perlu dilestarikan atau dikembangkan lebih luas. Kriya Nusantara merupakan salah satu UKM yang memadukan unsur kearifan lokal pada produknya. Produknya yaitu Cawang Art telah dipasarkan hingga internasional. Hal ini menunjukan bahwa Kriya Nusantara berusaha melestarikan dan mengembangkan kearifan lokal lebih luas. Produk yang dihasilkan memiliki keunikan dengan ragam hias dan corak yang memiliki unsur kriya motif tradisional khas Indonesia. Keunikan tersebut merupakan wujud kreativitas dan inovasi yang dimiliki oleh Cawang Art, Kriya Nusantara. Kreativitas adalah bagaimana menciptakan ide-ide baru yang bermanfaat dan dapat menjadi inovasi untuk keberhasilan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan inovasi secara simultan terhadap keberhasilan usaha kecil menengah pada Cawang Art, Kriya Nusantara. Selain itu untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan inovasi secara parsial terhadap keberhasilan usaha kecil menengah (UKM) pada Cawang Art, Kriya Nusantara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 85 karyawan Cawang Art, Kriya Nusantara secara langsung. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling untuk pengumpulan data. Selain itu, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linier berganda. Setelah melalukan pengolahan data, peneliti menemukan bahwa penilaian karyawan Cawang Art, Kriya Nusantara terhadap variabel kreativitas, inovasi, dan keberhasilan usaha menunjukan nilai yang baik dan tinggi. Selain penilaian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas dan inovasi berpengaruh secara simultan terhadap keberhasilan usaha UKM Cawang Art, Kriya Nusantara. Kreativitas berpengaruh terhadap keberhasilan usaha dan inovasi juga berpengaruh terhadap keberhasilan usaha. Kreativitas dan inovasi 68%, sedangkan sisanya sebesar 32% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Subjek

Entrepreneur - indonesia
 

Katalog

PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) (STUDI PADA CAWANG ART, KRIYA NUSANTARA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALISYA DWI ANGGRIANI
Perorangan
EKA YULIANA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • SM791054 - E-MARKETING
  • BM63E3 - EKONOMI DIGITAL BARU
  • SI591064 - ENTREPRENEURSHIP

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini