PENGARUH SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PRACTICES DAN MARKETING CAPABILITY TERHADAP FIRM PERFORMANCE DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS INDUSTRI PERHOTELAN KOTA BANDUNG)

SITTI MASYITHAH HATTA PUA UPA

Informasi Dasar

18.04.2702
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja perusahaan mengacu pada seberapa baik suatu perusahaan berorientasi pada pasar serta tujuan finansialnya. Kinerja industri perhotelan di Kota Bandung cenderung lesu dan mengalami penurunan performance. Persaingan bisnis industri perhotelan di Kota Bandung mengarah pada persaingan tidak sehat. Sejumlah hotel membanting harga demi mendapatkan pelanggan dan untuk tetap bertahan pada persaingan yang kompetitif. Hal yang tepat dilakukan setiap hotel untuk tetap bertahan pada persaingan yaitu mencipakan competitive advantage. Competitive advantage dapat dibangun dengan mengadopsi prinsip-prinsip supply chain management practices dan pengelolaan marketing capability.

Berdasarkan fenomena yang diuraikan, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh supply chain management practices dan marketing capability terhadap firm performance secara langsung ataupun melalui mediasi yaitu competitive advantage.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data kausal. Penelitian dilakukan pada 77 responden yang merupakan manajer dari setiap hotel. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan teknik analisis data SEM-PLS dan menggunakan software bantuan SmartPLS versi 3.0.

Hasil penelitian menunjukan supply chain management practices memiliki pengaruh positif terhadap competitive advantage, namun tidak memiliki pengaruh positif pada firm performance karena penerapan supply chain management practices belum terintegrasi dengan baik pada industri perhotelan Kota Bandung. Hasil penelitian lainnya menjelaskan marketing capability memiliki pengaruh positif terhadap competitive advantage dan firm performance. Penelitian ini juga menunjukan bahwa competitive advantage menjadi variabel intervening yang baik dalam memediasi hubungan marketing capability terhadap firm performance, namun tidak menjadi variabel intervening yang baik dalam memediasi hubungan supply chain management practices terhadap firm performance pada industri perhotelan Kota Bandung.

Hal yang harus dilakukan pihak hotel untuk menciptakan competitive advantage yang membantu meningkatkan firm perfomance dengan memperbaiki pengelolaan supply chain managemnet practices dan mempertahankan serangkaian aktivitas marketing capability yang sudah baik dilakukan masing-masing hotel.

Kata kunci: Competitive Advantage, Firm Performance, Marketing Capability, PLS, Supply Chain Management Practices

Subjek

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PRACTICES DAN MARKETING CAPABILITY TERHADAP FIRM PERFORMANCE DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS INDUSTRI PERHOTELAN KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITTI MASYITHAH HATTA PUA UPA
Perorangan
SRI WIDIYANESTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini