PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP BIAYA EKUITAS MODAL (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT PADA INDEX LQ45 PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2012-2016)

OLLANDIO GRACIELA

Informasi Dasar

18.04.2714
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Pengungkapan CSR dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan oleh investor untuk melakukan investasi pada suatu perusahaan. Untuk dapat menarik minat investor, diperlukan biaya yang biasa disebut dengan biaya ekuitas modal. Perusahaan mengharapkan pengurangan biaya ekuitas modal melalui pengungkapan CSR sesuai dengan pedoman standar pelaporan GRI G4. Dengan pengungkapan CSR perusahaan akan dipandang baik oleh para calon investor sehingga dapat menurunkan biaya ekuitas modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengungkapan corporate social responsibility dan biaya ekuitas modal serta menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap biaya ekuitas modal pada perusahaan yang terdaftar pada indeks LQ45 pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan tahunan. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 22 perusahaan yang terdaftar secara konsisten pada periode penelitian pada tahun 2012-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software E-views versi 9.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 7 perusahaan yang mempunyai nilai CSDI di atas rata-rata sedangkan 15 perusahaan diantaranya berada di bawah rata-rata. Sedangkan untuk biaya ekuitas modal, terdapat sebanyak 15 perusahaan yang mempunyai nilai COE diatas rata-rata dan 7 diantaranya mempunyai nilai di bawah rata-rata. Hasil analisis regresi data panel menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap biaya ekuitas. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka perusahaan dapat melakukan pengungkapan corporate social responsibility sesuai dengan indeks GRI G4 sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk menurunkan biaya ekuitas modal. Hal ini dikarenakan, dengan pengungkapan CSR perusahaan dapat memberikan sinyal positif kepada investor bahwa perusahaan tidak sedang mengalami masalah keuangan sehingga investor dapat menggunakan informasi tersebut dengan teliti untuk meminimalisir kesalahan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Kata kunci : COE, GRI G4, Pengungkapan CSR

Subjek

COORPORATE FINANCE
 

Katalog

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP BIAYA EKUITAS MODAL (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT PADA INDEX LQ45 PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

OLLANDIO GRACIELA
Perorangan
ASTRIE KRISNAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini