Evaluasi Daya Saing Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) PT. Pertamina Melalui Strategi Program "Pasti Prima" (Studi Kasus di Kota Bandung Tahun 2017)

MUH. FAUZAN BAHARUDDIN

Informasi Dasar

18.04.2715
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hadirnya sejumlah perusahaan asing penyedia bahan bakar umum di Indonesia ditunjukkan dengan adanya SPBU asing seperti Shell, Petronas, dan Total. Menanggapi persaingan tersebut, PT. Pertamina langsung membuat gebrakan. Sejumlah inovasi perbaikan ekstrem telah dilakukan PT. Pertamina untuk meningkatkan daya saing. Diantaranya dengan membuat SPBU dengan pengkategorian tertentu. Misalnya SPBU Pasti Pas dan yang terakhir SPBU Pasti Prima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi daya saing program Pertamina Pasti Prima (process, outcome dan impact) yang diharapkan nantinya berguna untuk mempertahankan eksistensinya dan keunggulan bersaing yang berkelanjutan bagi Pertamina. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengggunakan teknik wawancara mendalam, dokumen dan observasi tersamar dan terang-terangan terhadap 10 SPBU rekomendasi yang berada di kota Bandung. Berdasarkan hasil dari evaluasi program SPBU Pasti Prima dari Process, Outcome, dan Impact PT. Pertamina selalu berupaya memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggannya. Berdasarkan hasil penelitian, program SPBU Pasti Prima yang berada di Bandung rata-rata telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Penulis memberikan saran agar bagi penelitian selanjutnya dapat melakukan evaluasi program lebih dikembangkan dengan mengkombinasikan teori- teori dari berbagai ilmu pengetahuan lainnya dan melakukan penelitian dengan objek yang berbeda sehingga pengaplikasian teori mengenai evaluasi program ini lebih luas.

Subjek

STRATEGI BISNIS
 

Katalog

Evaluasi Daya Saing Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) PT. Pertamina Melalui Strategi Program "Pasti Prima" (Studi Kasus di Kota Bandung Tahun 2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUH. FAUZAN BAHARUDDIN
Perorangan
RISRIS RISMAYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini