PERANCANGAN SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL PROJECT SYSTEM MENGGUNAKAN APLIKASI SAP DENGAN METODE SAP ACTIVATE DI PT. XYZ

BAGJA MOHAMMAD SURYAMAN

Informasi Dasar

18.04.2751
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berdasarkan perkembangan teknologi informasi pada era globalisasi ini, dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat menunjang proses bisnis yang ada pada perusahaan. Adapun salah satu manfaat sistem informasi pada organisasi yaitu dapat meningkatkan aksesibilitas data yang ada secara real-time, sehingga dapat menghasilkan sebuah informasi yang akurat. PT XYZ merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia yang bergerak pada bidang konstruksi. PT XYZ hadir sebagai salah satu Perusahaan Konstruksi terbesar di Indonesia, dengan pendapatan perusahaan pada tahun 2016 sebesar 1,97 triliun rupiah serta memperoleh kontrak proyek baru sebesar 32,60 triliun rupiah.

Salah satu kegiatan proyek yang dijalankan oleh PT XYZ terdapat pada konstruksi dan penyawaan alat berat. Untuk menindaklanjuti permasalahan yang ada pada PT XYZ yaitu jumlah karyawan yang terus bertambah dan jumlah kontrak baru yang terus meningkat. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem informasi berbasis Enterprise Resource Planning. Dengan adanya sistem informasi yang saling terintegrasi PT XYZ dapat melakukan pertukaran data secara real-time. Adapun salah satu software ERP yang paling banyak digunakan saat ini adalah System Application Product (SAP).

SAP memiliki produk modul Project System yang diharapkan dapat menjadi sebuah solusi untuk membantu perusahaan untuk memiliki sistem manajemen proyek yang memenuhi kebutuhan proses bisnis yang dijalankan, sehingga tujuan proyek dapat tercapai dan prosesnya sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Melalui modul ini, proyek dapat dikelola dengan lebih efisien dan dapat mewujudkan sistem yang terintegrasi dan real-time dalam kaitannya dengan kegiatan manajemen proyek di bidang konstruksi. Selain itu, dengan menerapkan metodologi implementasi SAP Activate, diharapkan dapat mempercepat perusahaan dalam menerapkan sistem SAP pada perusahaan karena SAP Activate berpedoman langsung pada best practices yang dimiliki SAP.

Kata Kunci : ERP, SAP, Project System, SAP Activate

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL PROJECT SYSTEM MENGGUNAKAN APLIKASI SAP DENGAN METODE SAP ACTIVATE DI PT. XYZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAGJA MOHAMMAD SURYAMAN
Perorangan
TIEN FABRIANTI KUSUMASARI, UMAR YUNAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4T3 - ADOPSI ERP DAN MANAJEMEN PERUBAHAN
  • ISH4S3 - KONFIGURASI DAN IMPLEMENTASI ERP
  • ISH4R3 - KUSTOMISASI ERP
  • IS4413 - MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4T3 - KONFIGURASI DAN IMPLEMENTASI ERP
  • ISI4S3 - KUSTOMISASI ERP
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini