ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PENDEKATAN TOGAF ADM (STUDI KASUS : PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RAHARJA KABUPATEN BANDUNG)

WISNU ADI PRATAMA

Informasi Dasar

18.04.2800
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PDAM Tirta Raharja merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi memberikan pelayanan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Bandung yang berdiri sejak 1926. Dalam mencapai visi PDAM Tirtaraharja dibutuhkan teknologi informasi yang dapat menunjang bisnis dari PDAM Tirta Raharja khusus nya pada fungsi SDM.

Dalam meningkatkan pelayanan, PDAM Tirta Raharja harus mampu menyelaraskan antara strategi bisnis dengan teknologi informasi, khususnya pada fungsi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai 2 sub fungsi yaitu Administrasi SDM dan Pengembangan SDM. Enterprise Architecture merupakan metode yang dapat digunakan untuk menyelaraskan antara strategi bisnis dengan teknologi informasi. Dalam melakukan perancangan EA dibutuhkan sebuah framework arsitektur untuk mengembangkan lingkup pembahasan secara luas dari sisi bisnis, aplikasi, dan teknologi. Framework yang digunakan merupakan TOGAF ADM yang terdiri dari 9 fase, namun fase-fase yang dilakukan untuk merancang Enterprise Architecture pada penelitian ini hanya 7 fase yaitu preliminary phase sampai dengan migration planning.

Dari penelitian ini akan dihasilkan output berupa blueprint dari rancangan Enterprise Architecture pada fungsi Sumber Daya Manusia (SDM). Enterprise Architecture yang diharapkan dapat mempermudah pencapaian tujuan strategis yang sesuai dengan Fungsi SDM di PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung dalam hal peningkatan fungsi bisnis, sistem informasi, dan teknologi informasi yang digunakan.

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PENDEKATAN TOGAF ADM (STUDI KASUS : PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RAHARJA KABUPATEN BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WISNU ADI PRATAMA
Perorangan
SONI FAJAR SURYA GUMILANG, ASTI AMALIA NUR FAJRILLAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini