Pengaruh Sponsorship Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Pikiran Rakyat Bandung Tahun 2018

MUHAMAD ADITYA PANGESTU

Informasi Dasar

18.06.598
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sponsorship terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Pikiran Rakyat Bandung. Dimana perkembangan Sponsorship melalui media cetak di kota Bandung semakin pesat, dengan meningkatnya keuntungan perusahaan melalui sponsorship diharapkan timbul loyalitas terhadap minat bekerjasama dalam sponsorship. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori Sponsorship dan loyalitas konsumen. Dalam penelitian ini Sponsorship (X) sebagai variabel independen dan Loyalitas Konsumen sebagai variabel dependen (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil adalah warga Bandung yang berlangganan Koran Pikiran Rakyat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner, yang akan dibagikan kepada 100 responden.  Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan dan koefisien determinasi. Hasil penelitian mengungkapkan besarnya nilai Sponsorship sebesar 80,96% dalam kategori tinggi, sedangkan nilai Loyalitas Pelanggan sebesar 76,94% dalam kategori tinggi. Pengaruh Sponsorship terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 8,9% sedangkan sisanya yaitu 91,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam model yang diajukan dalam penelitian ini. Pada penelitian ini juga diperoleh persamaan regresi linier yaitu Y = 19.025 + 0,288X. Yang artinya bahwa setiap X meningkat 19, maka Y akan meningkat sebesar 19,313.

Kata Kunci: Sponsorship, Loyalitas Pelanggan

Subjek

Marketing - Management
 

Katalog

Pengaruh Sponsorship Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Pikiran Rakyat Bandung Tahun 2018
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD ADITYA PANGESTU
Perorangan
LENI CAHYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • DMH2J3 - CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
  • AM311052 - KOMUNIKASI BISNIS
  • AM311133 - MANAJEMEN DISTRIBUSI DAN LOGISTIK
  • AM111063 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • AM211222 - PERILAKU ORGANISASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini