ANALISIS HUBUNGAN AUTHENTIC LEADERSHIP TERHADAP SELF-EFFICACY PADA BUSINESS COACH

MUHAMMAD YOGI

Informasi Dasar

18.04.2910
658.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Coaching merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh para coach dalam proses untuk meningkatkan kinerja coachee. Business coach sebagai pemimpin pada kegiatan business coaching membantu entrepreuneur dalam mengklarifikasi tujuan, sasaran bisnis, dan mengembangkan keterampilan serta menentukan hal yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha yang sukses. Business coach berupa seorang yang ahli dalam persoalan tersebut. Keberhasilan coaching ditentukan bagaimana kinerja seorang business coach sebagai pemimpin. Coaching yang baik dapat menghasilkan kinerja lebih baik, kepuasan kerja, dan meningkatkan motivasi. Untuk menjadi Business coach yang profesional terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Seorang coach yang berkualitas harus mempunyai ilmu dan juga pengalaman serta kecerdasan di dalam menganalisis suatu masalah. Untuk meningkatkan rasa percaya diri seorang business coach, mereka harus memiliki ciri khas dari gaya kepemimpinan yang diterapkan pada coaching. Gaya kepemimpinan otentik (authentic leadership) dapat diterapkan pada business coach dalam rangka meningkatkan self efficacy dari seorang business coach. Penelitian ini dilakukan pada business coach dengan menggunakan authenthic leadership sebagai variabel independen dan self-efficacy sebagai variabel dependen. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara authentic leadership terhadap peningkatan self-efficacy pada business coach. Berdasarkan hasil kuesioner dengan 100 responden pada business coach, persepsi business coaches terhadap variabel authentic leadership tergolong baik dan persepsi terhadap variabel self-efficacy tergolong sangat baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tidak ada persepsi buruk atau rendah yang dinilai oleh business coaches terhadap variabel authentic leadership dan self-efficacy. Hasil analisis korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara authentic leadership terhadap self-efficacy yaitu sebesar 0,509 menunjukkan arah hubungan yang positif dan termasuk ke dalam kategori sedang. Hubungan positif berarti bahwa semakin tinggi persepsi business coaches terhadap authentic leadership yang diterapkan, maka semakin tinggi tingkat self-efficacy yang dirasakan oleh business coach. Authentic leadership berkontribusi sebesar 25,9% terhadap self-efficacy. Hasil perhitungan kontribusi tersebut, dapat dijadikan sebuah prediksi bahwa autherntic leadership dapat berpengaruh kecil terhadap self-efficacy pada business coach.

Kata Kunci : Business Coach, Coaching, Authentic leadership, Self-efficacy

Subjek

Leadership - business
 

Katalog

ANALISIS HUBUNGAN AUTHENTIC LEADERSHIP TERHADAP SELF-EFFICACY PADA BUSINESS COACH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD YOGI
Perorangan
LIA YULDINAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini