PERANCANGAN DESAIN KARAKTER UNTUK MEMPERKENALKAN NILAI-NILAI DARI KISAH SAWERIGADING BAGI REMAJA DI SULAWESI

ZULKIFLI YUSUF

Informasi Dasar

18.04.3026
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kisah cerita rakyat Sawerigading merupakan sumber sejarah lokal yang ada di daerah-daerah Sulawesi dan di dalam kisah Sawerigading terdapat nilai-nilai positif yang sangat relevan di tengah kehidupan masyarakat diantaranya nilai kebersatuan, nilai religius, nilai etis, dan nilai estetis. Melihat perilaku budi pekerti remaja saat ini banyak yang bertentangan dengan nilai-nilai positif tersebut yang artinya remaja tidak mengetahui nilai-nilai postif yang terdapat dalam kisah Sawerigading yang seharusnya dapat di jadikan sebagai contoh berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya media yang menarik sehingga remaja kurang tertarik mengenal Sawerigading. Dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan studi literatur dan dianalisis menggunakan teori desain komunikasi visual, psikologi, dan budi pekerti maka penelitian ini menemukan bahwa melalui perancangan media dapat menarik animo remaja untuk lebih mengenal cerita Sawerigading maka dibuatlah perancangan buku desain karakter yang diharapkan dapat menarik minat remaja untuk mengenal Sawerigading agar nilai-nilai positif dari kisah Sawerigading dapat dijadikan contoh berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Sawerigading, Cerita Rakyat, Desain Karakter, Budi Pekerti, Sulawesi

Subjek

1. GRAPHIC DESIGN 2. ARTS
 

Katalog

PERANCANGAN DESAIN KARAKTER UNTUK MEMPERKENALKAN NILAI-NILAI DARI KISAH SAWERIGADING BAGI REMAJA DI SULAWESI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZULKIFLI YUSUF
Perorangan
DIMAS KRISNA ADITYA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CIH4A6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini