PERANCANGAN APLIKASI GAME LATIHAN MATEMATIKA DASAR SEBAGAI ALAT BANTU BELAJAR ANAK USIA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

MUHAMMAD RIFA AL- FARISI

Informasi Dasar

18.04.3260
794.807
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini banyak sekali anak-anak menggunakan sebuah smartphone. Kebanyakan anak-anak cenderung menggunakan smartphone untuk bermain game serta aplikasi yang berjenis hiburan. Padahal hal ini bisa dijadikan sebagai sarana edukasi, salah satunya adalah game matematika. Dengan konsep bermain dan belajar diharapkan anak-anak bisa bersemangat belajar dan menyukai pelajaran matematika. Di Indonesia sendiri, pembuatan game edukasi ini relatif masih rendah. Oleh sebab itu, penelitian ini penulis akan membuat sebuah perancangan media interkatif berupa game edukasi matematika. Game ini menceritakan petualangan Pangeran Muhammad mencari buah maja untuk pengobatan rakyatnya. Untuk mendapatkan buah maja tersebut, Pangeran Muhammad harus bisa menyelesaikan soal matematika dengan benar berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan pecahan. Sementara itu, pembuatan aplikasi game edukasi ini ditujukan untuk anak- anak usia kelas tiga sekolah dasar (9 -11 tahun). Dalam perancanganya, penulis menggunakan Adobe Illustrator CS6, Adobe Photoshop CS6 dan Construct 2 untuk pemrograman. Sedangkan untuk metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, landasan teori, matriks perbandingan, dan pengisian angket atau kuesioner.

Kata kunci : Smartphone, Media Interaktif, Aplikasi, Game, Matematika

Subjek

GAMES
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI GAME LATIHAN MATEMATIKA DASAR SEBAGAI ALAT BANTU BELAJAR ANAK USIA KELAS 3 SEKOLAH DASAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIFA AL- FARISI
Perorangan
YANUAR RAHMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • VDG4I6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini