Pengenalan Ekspresi Wajah Menggunakan Metode Local Gabor Binary Pattern Three Orthogonal Planes (LGBP-TOP) dan Support Vector Machine (SVM)

RR. ROSE KUMALA DEWI

Informasi Dasar

19.04.084
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem pengenalan ekspresi video telah dibuat sebelumnya dengan menggunakan metode ekstraksi fitur Local Gabor Binary Pattern Three Orthogonal Planes (LGBP-TOP) dan metode klasifikasi Support Vector Machine (SVM). Namun, ekspresi wajah yang dikenali menggunakan seluruh area dari gambar wajah, sementara ekspresi dapat dikenali dari perubahan titik acuan wajah pada mata dan bibir saja. Dalam pe-nelitian ini, pengenalan ekspresi wajah dikembangkan menggunakan metode LGBP-TOP dan SVM dengan berfokus pada citra wajah dan bibir saja. Oleh karena itu, diperlukan algoritma untuk mengambil area mata dan bibir pada gambar wajah menggunakan 3x3 blok dan 4x4 blok, yang kemudian akan digunak-an sebagai masukan pada metode LGBP-TOP. Setelah gambar mata dan bibir diekstraksi fiturnya, hasil ekstraksi diklasifikasikan menggunakan metode SVM. Hasil yang didapatkan adalah pengenalan ekspresi wajah menggunakan area mata dan bibir mendapatkan akurasi 80% dan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan seluruh area wajah, area mata saja, dan area bibir saja. Performa sistem sudah baik berda-sarkan kurva ROC dan Precision-Recall.

Kata kunci : Pengenalan Ekspresi Wajah, Local Binary Pattern, Three Orthogonal Planes, Gabor Filtering, Support Vector Machine.

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

Pengenalan Ekspresi Wajah Menggunakan Metode Local Gabor Binary Pattern Three Orthogonal Planes (LGBP-TOP) dan Support Vector Machine (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RR. ROSE KUMALA DEWI
Perorangan
Febriyanti Sthevanie, Aditya Arifanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CIG4A3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CIG4E3 - PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
  • IFG444 - TUGAS AKHIR II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini