REPRESENTASI ADAT PERNIKAHAN SUNDA PADA AKUN INSTAGRAM @raisa6690 (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun Instagram @raisa6690 Terkait Prosesi Siraman, Ngecagkeun Aisan, Ngeyeuk Sereuh dan Akad)

LINTANG BUDIYANTI PRAMESWARI

Informasi Dasar

19.04.146
401.41
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media Sosial Instagram kini menjadi sebuah media yang paling digemari di era media baru. Fitur-fitur yang ditawarkan membuat penggunanya tertarik untuk aktif dalam menggunakan media ini, salah satunya adalah fitur untuk berbagi foto. Dalam perkembangannya, foto dalam media sosial Instagram dimanfaatkan oleh para public figure untuk menunjukkan dirinya, termasuk segala aktivitas yang dijalaninya. Instagram menjadi media sosial utama yang digunakan oleh artis Raisa Andriana untuk mengunggah foto-foto yang berkaitan dengan prosesi pernikahannya bersama Hamish Daud Wyllie hingga memunculkan hashtag #haripatahhatinasional serta #haripatahhatinasionaljilid2. Penelitian ini difokuskan pada makna yang terkandung dalam foto yang memuat prosesi pernikahan Adat Sunda di akun Instagram @raisa6690 pada prosesi Siraman, Ngecagkeun Aisan, dan Akad. Adat pernikahan Sunda yang selama ini dikenal sakral dan penuh suasana khidmat ditunjukkan secara sederhana oleh Raisa Andriana sehingga masyarakat lebih mengenal inti dari kebudayaan tersebut. Di tengah gempuran pernikahan dengan konsep modern yang berusaha ditampilkan oleh para artis, Raisa justru menggunakan adat Budaya Sunda ini sebagai sebuah bentuk kesederhanaan dan kearifan lokal yang harus kembali diwujudkan di tengah masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Semiotika Roland Barthes. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa makna denotasi dari foto pada akun @raisa6690 yang memuat prosesi adat pernikahan Sunda Siraman, Ngecagkeun Aisan dan Akad adalah bentuk kebahagiaan, kasih sayang, dan kesucian dalam sebuah pernikahan. Makna konotasinya adalah untuk menunjukkan bahwa adat pernikahan Sunda yang ditonjolkan dalam prosesi tersebut adalah bentuk kesederhanaan dan ciri khas adat pernikahan Sunda yang mengedepankan nilai-nilai kesantunan serta rasa hormat kepada kedua orang tua. Mitos yang timbul adalah bahwa adat pernikahan Sunda yang awalnya hanya digunakan oleh masyarakat asli tanah Sunda, dapat lebih dikenal oleh masyarakat umum sebagai bentuk pernikahan yang menjadi tren baru. Disinilah muncul sebuah pengenalan budaya adat nikah yang kemudian ditonjolkan sebagai nilai-nilai penting dalam masyarakat yang telah dilakukan oleh Raisa Andriana dalam foto-foto di akun Instagram-nya dengan prosesi adat nikah Sunda yang berusaha untuk ditonjolkan.

Kata Kunci: Instagram, Budaya Sunda, Foto, Pernikahan, Semiotika, Roland Barthes

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

REPRESENTASI ADAT PERNIKAHAN SUNDA PADA AKUN INSTAGRAM @raisa6690 (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun Instagram @raisa6690 Terkait Prosesi Siraman, Ngecagkeun Aisan, Ngeyeuk Sereuh dan Akad)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LINTANG BUDIYANTI PRAMESWARI
Perorangan
DIAH AGUNG ESFANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini