PERENCANAAN INDOOR BUILDING COVERAGE (IBC) PADA JARINGAN LTE DI GEDUNG BANDUNG ELECTRONIC CENTER EXTENSION

FENNY ARVIANTI

Informasi Dasar

19.06.041
621.384 56
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Bandung Electronic Center atau yang kini disebut dengan BEC extenxion terletak di Jl. Purnawarman No.5-17, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung. BEC extension memiliki 10 lantai dan memiliki konsep semi mall (one stop shopping), lebih diarahkan ke konsep entertainment dimana tiap lantai ada ruangan yang bisa disewakan sebagai Restaurant, Cafe, Foofcourt .Sehingga kualitas jaringan seluler di dalam gedung menjadi kebutuhan penting untuk memenuhi layanan teknologi LTE, di dalam tempat tertutup dengan dinding bangunan dan padatnya bangunan gedung yang menyebabkan sinyal dari eNodeB yang diterima UE di dalam gedung tidak sama dengan di luar gedung karena terjadi pelemahan sinyal. Penyebab utamanya adalah redaman dan obstacle di sekitar gedung sehingga menghalangi pancaran sinyal eNodeB di gedung BEC extension

Solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi yaitu dengan melakukan perencanaan Instalasi Indoor Building Coverge (IBC) pada jaringan LTE di Gedung BEC extension . Dalam perencanaan Indoor Building Coverage (IBC) dilakukan Drive Test terlebih dahul untuk mengetahui kualitas sinyal di luar gedung dan mengetahui adakah BTS yang mengcoverage gedung tersebut. Karena kualitas sinyal didalam dan diluar gedung berbeda maka perlu diadakan Walk Test dengan software TEMS Pocket untuk mendapatkan kualitas kinerja jaringan didalam gedung. Dan dengan dua perhitungan skenario yaitu secara kapasitas (capacity) dan cakupan (coverage)

Melalui perhitungan coverage dan capacity planning didapatkan jumlah antena yang diperlukan dalam perencanaan yaitu 53 antena. Berdasarkan hasil simulasi diperoleh rata-rata RSRP berkisar -50 hingga -90 dBm dan SINR dengan rata-rata berkisar 9 hingga 23 dB. Dengan membandingkan hasil simulasi dengan nilai standar RF parameter operator HCPT didapatkan bahwa perencanaan telah memenuhi standar operator yang menyebabkan area Gedung BEC Extension mengalami peningkatan coverage.

Kata Kunci : Indoor Building Coverage (IBC), LTE, Capacity dan Coverage, TEMS Pocket

Subjek

CELLULAR TECHNOLOGY
 

Katalog

PERENCANAAN INDOOR BUILDING COVERAGE (IBC) PADA JARINGAN LTE DI GEDUNG BANDUNG ELECTRONIC CENTER EXTENSION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FENNY ARVIANTI
Perorangan
HASANAH PUTRI, SIGIT TRI CAHYONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DTG3H3 - PROYEK AKHIR II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini