PENGARUH FREE CASH FLOW, FINANCIAL DISTRESS, DAN EMPLOYEE DIFF TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

NISA NAZALIA

Informasi Dasar

19.04.277
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen Laba merupakan tindakan mengelola laba yang biasanya dilakukan oleh manajemen, terutama manajer. Manajemen Laba terjadi ketika manajemen menggunakan pertimbangannya dalam menyusun laporan keuangan dengan menggunakan prosedur akuntansi yang diterima secara umum. Laba merupakan salah satu indikator yang sering digunakan oleh stakeholder terutama investor dalam menilai kinerja perusahaan, sehingga manajemen termotivasi untuk meningkatkan laba agar dinilai memiliki kinerja yang baik dalam mengelola perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Free Cash Flow, Financial Distress, Employee Diff, dan Manajemen Laba pada objek penelitian, serta mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara Free Cash Flow, Financial Distress, dan Employee Diff terhadap Manajemen Laba. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan kemudian diperoleh 34 perusahaan dalam kurun waktu lima tahun sehingga didapat 170 unit sampel perusahaan periode 2012-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel menggunakan Eviews 10. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Free Cash Flow, Financial Distress, dan Employee Diff berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. Secara parsial, Free Cash Flow tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba, sedangkan Financial Distress dan Employee Diff berpengaruh positif signifikan terhadap Manajemen Laba.

Kata Kunci: Free Cash Flow, Financial Distress, Employee Diff, Manajemen Laba

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH FREE CASH FLOW, FINANCIAL DISTRESS, DAN EMPLOYEE DIFF TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NISA NAZALIA
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3E3 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • EBH0H4 - MANAJEMEN KEUANGAN
  • EAI3123 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini