PENGARUH CITRA, RISIKO, NILAI DAN MANFAAT YANG DIRASAKAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN MOBIL LCGC (STUDI KASUS: MASYARAKAT JAWA BARAT)

RIZKI RAMADHANA PUTRA

Informasi Dasar

19.04.305
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan ribuan pulau-pulau kecil dan menjadi salah satu negara dengan populasi terpadat sedang terancam terkena dampak pemanasan global. Salah satu hal yang memiliki dampak terhadap pemanasan global yaitu polusi kendaraan bermotor. Pencemaran udara di Indo-nesia sekitar lebih dari 70% berasal dari hasil emisi kendaraan bermotor. Maka dari itu, Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menerbitkan kebijakan mengenai mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) yang tertuang dalam Peraturan Men-teri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau. Sejak mobil LCGC diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2013, mobil LCGC mulai dipilih masyarakat karena harganya yang lebih terjangkau, ramah ling-kungan, bebas PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) dan irit bahan ba-kar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra, Nilai, Risiko dan Manfaat yang Dirasakan Terhadap Niat Pembelian Mobil LCGC (Low Cost Green Car), dengan menggunakan analisis deskriptif dan structural equation modeling, responden yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 400 responden yang berdomisili di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa variabel Citra memperoleh persentase 72,2% dengan kategori baik, Nilai memperoleh persentase 70,5% dengan kategori baik, Risiko memperoleh persentase 56,6% dengan kategori cukup, Manfaat yang Dirasakan memperoleh persentase 71,5% dengan kategori baik dan Niat Pembelian memperoleh persentase 76,7% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan besarnya pengaruh Citra terhadap Nilai adalah sebesar 14,2% sedangkan sisanya sebesar 85,8% di-pengaruhi oleh faktor lain dan pengaruh Citra, Nilai, Risiko dan Manfaat yang Dirasakan terhadap Niat Pembelian sebesar 64,7% sedangkan sisanya sebesar 35,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: Citra, Nilai, Risiko, Manfaat yang Dirasakan, Niat Pembelian

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PENGARUH CITRA, RISIKO, NILAI DAN MANFAAT YANG DIRASAKAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN MOBIL LCGC (STUDI KASUS: MASYARAKAT JAWA BARAT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKI RAMADHANA PUTRA
Perorangan
DAMAYANTI OCTAVIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini