PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WEARABLE BIOFEEDBACK TRAINER UNTUK MEMPERBAIKI KUALITAS POSTUR DUDUK

REZKI RIANDY

Informasi Dasar

19.04.381
610.28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Postur tubuh yang tidak normal telah terbukti menyebabkan penurunan fungsional dalam kualitas hidup. Gejala ini disebabkan karena aktivitas duduk pada posisi bungkuk yang terlalu lama selama bertahun-tahun sehingga mengubah bentuk punggung secara permanen dan kemunduran fungsi persendian pada tulang belakang bagian punggung. 

Sebelumnya telah dilakukan penelitian mengenai wearable device untuk memantau sudut kemiringan tulang punggung. namun sistem tersebut masih terbilang sederhana karena sistem yang digunakan tidak terintegrasi langsung dengan media monitoring. Pada penelitian ini dikembangkan wearable device menggunakan teknik biofeedback trainer untuk merubah kebiasan buruk saat duduk dengan posisi bungkuk sehingga alat akan memberikan sebuah feedback guna mengatur kembali posisi tubuh secara paksa ke posisi tegak dan sistem akan terintergrasi dengan aplikasi mobile mengguakan bluetooth. 

Penelitian alat wearable biofeedback trainer ini didapatkan hasil bahwa sistem dapat mengukur sudut kemiringan tulang belakang sebesar 0º hingga 90º dengan nilai toleransi pembacaan pada sumbu x 0.42º dan sumbu y 0.62º dengan nilai  standar deviasi menggunakan kalman filter  sebesar 0.01º pada sumbu x dab 0.07º pada sumbu y. Sistem dapat terintegrasi secara soft real-time dengan aplikasi Android menggunakan Bluetooth Low Energy (BLE) dengan jarak optimal 0-5 meter dengan delay rata – rata 2.81 detik. Dengan teknik biofeedback alat dapat meingkatkan sudut kemiringan tulang belakang sebesar 1.93º hingga 20.93º dengan lebih dari 75% hasil uji responden menyatakan merasa nyaman pada saat menggunakan Wearable Biofeedback Trainer dan lebih dari 70% menyatakan merasa kualitas postur tubuhnya meningkat.

Subjek

Biomedical Engineering
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WEARABLE BIOFEEDBACK TRAINER UNTUK MEMPERBAIKI KUALITAS POSTUR DUDUK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REZKI RIANDY
Perorangan
SURYA MICHRANDI NASUTION, RATNA ASTUTI NUGRAHAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SK2023 - MIKROPROSESOR DAN ANTARMUKA
  • CEG3B3 - MIKROPROSESOR DAN SISTEM EMBEDDED
  • CEH3G3 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • FEG2B4 - RANGKAIAN LISTRIK
  • CEH2B4 - RANGKAIAN LISTRIK DASAR
  • SK4603 - SISTEM EMBEDDED
  • CEH4H3 - SISTEM TERTANAM
  • TKI2B4 - RANGKAIAN LISTRIK DASAR
  • TKI3K3 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • TKI4N3 - SISTEM TERTANAM

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini