Perancangan Wearable Device Bentuk Clip On Untuk Monitoring Kondisi Tubuh

NIKO BAGUS PRATAMA

Informasi Dasar

19.04.392
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia karena dapat mempengaruhi produktivitas sehari – hari, karena jika kondisi tubuh menurun dan tidak dalam kondisi yang baik maka kesehariannya akan terganggu. Wearable Device adalah sebuah perangkat yang digunakan pada tubuh manusia yang berhubungan dengan operasi komputer dan teknologi modern. Perangkat tersebut dibutuhkan untuk monitoring kondisi tubuh penggunanya, seperti aktivitas yang dilakukan sehari-sehari, mendeteksi detak jantung, suhu tubuh dan lingkungan, serta posisi pengguna.

Pada Tugas Akhir ini, penulis membuat sebuah perancangan wearable device bentuk clip on yang di implementasikan pada pakaian dibagian tubuh penggunanya. Device ini dibuat dengan memanfaatkan sebuah microcontroller Arduino Nano sebagai pengendali, beberapa sensor seperti sensor Altimeter, GPS module, dan suhu lingkungan sebagai input, serta baterai Lithium Polymer sebagai sumber tegangan. Output yang dihasilkan adalah menampilkan data tersebut pada smartphone dengan koneksi bluetooth dan mengirimkannya ke dalam database.

Pengujian alat ini menghasilkan kesimpulan sistem dapat berjalan dengan semestinya. Pada pengujian pembacaan sensor, hasil yang didapatkan berupa selisih rata - rata untuk sensor GPS sejauh 16 m, sedangkan untuk sensor BME280 suhu udara sebesar 3,78 ?, kelembaban udara sebesar 11,50 %, tekanan udara sebesar 1,54 hPa, dan ketinggian sebesar 15,01 m. Untuk pengujian ketinggian tiap anak tangga menghasilkan rata – rata selisih nilai sebesar 0,32 m.

Kata Kunci : kesehatan, wearable device, microcontroller, sensor, smartphone, database.

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Perancangan Wearable Device Bentuk Clip On Untuk Monitoring Kondisi Tubuh
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NIKO BAGUS PRATAMA
Perorangan
SURYA MICHRANDI NASUTION, RATNA ASTUTI NUGRAHAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CEG3F3 - APLIKASI MOBILE
  • CEG4M3 - KOMPUTASI BERGERAK
  • CEH4H3 - SISTEM TERTANAM
  • TKI4N3 - SISTEM TERTANAM

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini