PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN EARNING POWER TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2016)

KAVINIA TAMARA PINGKY SAPUTRI

Informasi Dasar

19.04.447
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Praktik manajemen laba saat ini seringkali muncul sebagai dampak untuk membuat laporan keuangan terlihat dengan performa terbaiknya yang akan dijadikan tolak ukur para investor dalam berinvestasi dan untuk memperkirakan seberapa banyak pengembalian yang akan diperoleh kembali oleh investor. Munculnya agency conflict juga menjadi dampak adanya perbedaan kepentingan antara pemilik (principal) dan manajemen perusahaan (agent). Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk menganalisis pengaruh mekanisme Good Corporate Governance yang terdiri dari kepemilikan manajerial, komisaris independen, komite audit, serta pengaruh earning power terhadap manajemen laba, sehingga dapat mengurangi tindakan manajemen laba yang banyak dilakukan oleh manajemen laba perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2012-2016. Penelitan ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pemilihan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 12 perusahaan dalam kurun waktu 5 tahun sehingga didapat jumlah data observasi sebanyak 60 sampel. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews9.0. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan variabel kepemilikan manajerial, komisaris independen, komite audit, dan earning power berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai Adjusted R-Squared sebesar 0,284837 atau 28,4837%. Secara parsial menunjukkan bahwa yang berpengaruh positif terhadap manajemen laba adalah earning power, sedangkan kepemilikan manajerial, komisaris independen, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kata kunci: Manajemen laba, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen, Komite Audit, Earning Power

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN EARNING POWER TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KAVINIA TAMARA PINGKY SAPUTRI
Perorangan
MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini