PERANCANGAN DESAIN ALAT BANTU JONGKOK PADA TOILET DUDUK MENGGUNAKAN METODE INTEGRASI DESIGN AROUND DAN THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ)

TEDY ARDIYONO

Informasi Dasar

19.04.470
658.56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Toilet umum merupakan salah satu bagian penting pada tempat umum untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Toilet yang digunakan toilet duduk dan jongkok. Namun tidak semua masyarakat Indonesia nyaman menggunakan toilet duduk, karena pada dasarnya masyarakat Indonesia lebih senang menggunakan toilet jongkok. Berdasarkan penelitian sebelumnya menyatakan bahwa buang air besar dengan cara jongkok lebih sehat karena dapat mengurangi proses mengejan dan memperlancar proses buang air besar 1 menit lebih cepat dibanding duduk. Selain itu kebersihan toilet duduk menjadi faktor lain yang membuat orang sungkan untuk duduk pada dudukan toilet. Bahkan ada beberapa kasus penggunaan dengan cara jongkok pada toilet duduk, padahal cara tersebut sangat berbahaya. Penelitian ini mencoba merancang desain alat bantu jongkok pada toilet duduk yang aman tanpa membebani toilet. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode design around eksisting paten dan teorhy of inventive problem solving. Design around digunakan sebagai metode yang dapat mencegah terjadinya kesamaan hasil temuan dengan hasil temuan lain dengan cara menjadikan hasil temuan lain sebagai referensi. Hasil penelitian ini nanatinya berupa alat bantu jongkok pada toilet duduk yang mudah pemasangannya, dapat menahan beban pengguna dan juga tidak melanggar hak paten temuan lain. Kata kunci : Alat Bantu, Toilet Jongkok, Toilet Duduk, Design Around, TRIZ

Subjek

PRODUCT DEVELOPMENT
 

Katalog

PERANCANGAN DESAIN ALAT BANTU JONGKOK PADA TOILET DUDUK MENGGUNAKAN METODE INTEGRASI DESIGN AROUND DAN THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TEDY ARDIYONO
Perorangan
MUHAMMAD IQBAL, AGUS KUSNAYAT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini