PERENCANAAN JARINGAN INDOOR LTE DI GEDUNG POS INDONESIA CILAKI BANDUNG

DEAN NANDA HARTADI

Informasi Dasar

19.06.179
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pengguna komunikasi seluler yang semain bertambah mengharuskan adanya sebuah kualitas jaringan yang baik untuk melayani kebutuhan para user. Namun adanya perbedaan kualitas jaringan seluler indoor dan outdoor. Dan biasanya kualitas indoor kurang baik. Seperti yang terjadi di Gedung Pos Indonesia Cilaki Bandung ini. Hal ini disebabkan kontruksi bangunan, material bangunan, dan tidak adanya penangkap sinyal di dalam gedung yang menyababkan kualitas sinyal di dalam gedung belum maksimal.

Maka dari itu Kualitas dari jaringan seluler di dalam gedung menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk memenuhi akan layanan teknologi Long Term Evolution (LTE) di jaman sekarang. Salah satu tempat yang tepat untuk dilakukan perencanaan jaringan seluler adalah Gedung Pos Indonesia Cilaki Bandung, hal ini dikarenakan banyaknya user dan dekat dengan pusat pemerintahan Jawa Barat. Salah satu faktor lainnya yaitu konstruksi bangunan atau dinding – dinding yang tebal dari bangunan tersebut. Dan jaringan seluler LTE operator XL di gedung tersebut memiliki RSRP mencapai -110dbm, SNIR mencapai 3db. Di lihat dari 2 parameter tersebut sudah buruk untuk jaringan LTE. Didalam gedung juga belum terdapat penangkap sinyal. Menyebabkan penerimaan sinyal seluler pada sisi user yang berada didalam gedung tersebut menjadi kurang baik tidak sama dengan kondisi diluar gedung yang RSRP nya -66dbm dan SNIR 6db yang dinilai sudah baik namun di dalam gedung terjadi pelemahan sinyal.

Pada perencanaan jaringan indoor LTE yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan redaman yang terjadi pada area gedung Pos Cilaki, Bandung ini dengan melakukan perhitungan berdasarkan coverage dan capacity, hal ini untuk mendapatkan jumlah antena indoor dan peletakan antenna yang dibutuhkan tepat dan akurat. Pada Proyek Akhir Perancangan jaringan LTE ini di simulasikan menggunakan software Radiowave Propagation Simulator (RPS). Hasil yang ditargetkan dari perencanaan ini adalah mencapai target standar parameter RF yang digunakan oleh operator XL.

Kata kunci : LTE, Indoor Planning LTE, Coverage Planning, Capacity Planning

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

PERENCANAAN JARINGAN INDOOR LTE DI GEDUNG POS INDONESIA CILAKI BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEAN NANDA HARTADI
Perorangan
SUCI AULIA, DWI ANDI NURMANTIS
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2M3 - SISTEM KOMUNIKASI SELULER
  • DTG2G3 - TEKNIK PERANCANGAN JARINGAN AKSES SELULER
  • DTG3G3 - TEKNIK TRANSMISI SELULER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini