Analisis Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Belanja Online (Studi Pada Perusahaan Sociolla di Indonesia) : Analysis of The Effect of Consumer Attitudes Towards Online Shopping (Study on Sociolla Companies in Indonesia)

TIARA HANUM LARASATI

Informasi Dasar

19.04.937
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi telah mengubah pola perilaku dan juga sikap masyarakat dari segi pembelian kebutuhan secara online. Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia menjadi salah satu penyebab munculnya e-commerce. Berbagai kemudahan serta fitur yang beragam membuat konsumen mulai beralih dari toko konvensional ke toko online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan yang terjadi antara variabel dalam objek penelitian. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap variabel perceived website reputation, relative advantage, perceived website image, trust dan attitudes towards online shopping pada website Sociolla di Indonesia. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 412 responden secara online dengan populasi pengguna internet di Indonesia yang pernah melakukan belanja online melalui website Sociolla. Berdasarkan kuesioner yang tersebar, sampel yang dinyatakan valid berjumlah 359 kuesioner dengan jumlah responden rate sebesar 88.6%. Data diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.0 untuk Windows melalui dua tahap yaitu measurement model untuk mengukur validitas dan reliabilitas, serta menggunakan structural path model untuk mengevaluasi kerangka konseptual dan pengujian hipotesis. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, terbukti bahwa perceived website reputation, relative advantage, perceived website image dan trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap attitudes towards online shopping pada website Sociolla. Sikap konsumen terhadap belanja online terutama dipengaruhi oleh perceived website image dan trust. Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian serupa, maka disarankan agar memperhatikan karakteristik yang dinilai memiliki kontribusi rendah. Pemilihan lokasi penelitian yang berbeda bertujuan untuk menjadi pembanding antara sikap konsumen dalam berbelanja online dan offline. Hal ini akan memperkuat tingkat validitas dari penelitian yang dilakukan. Meskipun bernilai positif dan signifikan, masih terdapat variabel yang perlu ditingkatkan yaitu relative advantage dan trust dimana dua variabel tersebut memiliki penilaian terendah terhadap attitudes towards online shopping. Perusahaan perlu meningkatkan keamanan dan kenyamanan transaksi di website Sociolla dimana hal tersebut merupakan indikator yang diperhatikan konsumen dalam melakukan belanja online baik dari segi relative advantage maupun trust. Kata Kunci: Attitudes towards online shopping, perceived website image, perceived website reputation, relative advantage, trust, perilaku konsumen

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

Analisis Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Belanja Online (Studi Pada Perusahaan Sociolla di Indonesia) : Analysis of The Effect of Consumer Attitudes Towards Online Shopping (Study on Sociolla Companies in Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TIARA HANUM LARASATI
Perorangan
DINDA AMANDA ZULIESTIANA, SOEPARWOTO DHARMOPUTRO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini