PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN PARKIR DENGAN FINGERPRINT PADA PARKIRAN TELKOM UNIVERSITY

MUHAMMAD RIZKI UTOMO

Informasi Dasar

19.04.978
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Radio Frequency Identification (RFID) adalah suatu sistem penandaan yang menggunakan gelombang radio. Salah satu kegunaan RFID adalah pada sistem keamanan di gerbang parkir. Pengunaan RFID pada gerbang parkir memberikan manfaat meningkatkan efisiensi dan keamanan pengendara bermotor. Saat ini parkiran di Universitas Telkom menerapkan sistem parkir yang menggunakan RFID dimana pengendara yang memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dapat masuk dan keluar dengan menggunakan KTM. Sistem ini memiliki kelemahan, yaitu seseorang yang memiliki KTM dapat membuka gerbang keluar dengan membawa kendaraan yang berbeda. Hal ini tentunya akan membahayakan apabila seseorang dapat membawa motor yang bukan miliknya dengan menggunakan KTM Mahasiswa lain. Kelemahan kedua dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengeluarkan KTM.
Penelitian ini mengusulkan implementasi sistem keamanan gerbang parkir dengan menggunakan fingerprint. Implementasi sistem ini dilakukan dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak, serta menggunakan komponen - komponen elektronika. Sistem ini bekerja dengan scanner sidik jari yang akan memindaikan sidik jari dari pengemudi yang nantinya akan disimpan didalam mikrokontroler Arduino Uno. Selanjutnya informasi yang disimpan ini akan dikirimkan ke database. Dari database terpusat tersebut akan ditampilkan beberapa indikator kinerja dalam bentuk evaluasi manajemen. Nantinya data sidik jari itu akan dicocokan kembali ketika pengemudi akan keluar dari area parkir. Jika tidak sesuai maka sistem akan memberikan pesan peringatan.
Pada Tugas Akhir ini penulis telah membangun sistema parkir fingerprint agar pengolahan data terpusat sehingga dapat melakukan identifikasi di setiap alat fingerprint. Hasil pengujian dari Tugas Akhir ini menunjukan bahwa dengan menggunakan FPM10A kecepatan untuk mengidentifikasi adalah 0,98 -2,09 sekon dan keakuratan di tiap fingerprint sensor adalah sebesar 96 %. Kata Kunci: Fingerprint, Arduino, database

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN PARKIR DENGAN FINGERPRINT PADA PARKIRAN TELKOM UNIVERSITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIZKI UTOMO
Perorangan
Nyoman Karna, Ratna Mayasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Teknik Elektro
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ELG3A3 - MIKROPROCESSOR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini