Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT Industri Telekomunikasi (Persero) Bandung

REGINA MESAYU ARIVIANA

Informasi Dasar

19.04.1180
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Sebuah perusahaan harus dapat melakukan mekanisme pengelolaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia nya, salah satunya dengan cara memperhatikan kepuasan kerja karyawan. PT INTI menyadari bahwa keberhasilan perusahaan bergantung pada kontribusi masing-masing karyawan, karena itulah PT INTI berkomitmen untuk mencapai keunggulan yang mencakup pemenuhan kebutuhan dan kepuasan dari stiap karyawan yang dipekerjakan.Lingkungan kerja merupakan hal yang dapat menentukan kepuasan karyawan.Tingginya tingkat turnover karyawan memperlihatkan adanya masalah pada kepuasan kerja.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran lingkungan kerja yang terdiri dari lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik, gambaran kepuasan kerja karyawan dan bagaimana pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) Bandung. Teknik sampel non probability sampling dengan menggunakan 90 responden karyawan PT INTI. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausalitas.Metode Analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Sederhana.

Hasil analisis deskriptif menunjukan variabel Lingkungan Kerja masuk dalam kategori cukup baik.Demikian pula variabel kepuasan kerja masuk dalam kategori cukup baik.Berdasarkan hasil uji analisis koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,167. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel lingkungan kerja terhadap variabel kepuasan kerja sebesar 16,7%.Sedangkan sisanya 83,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kesimpulan peneltian ini, kepuasan kerja karyawan PT INTI (Persero) Bandung sudah masuk kedalam kategori cukup baik, namun ada beberapa item yang perlu diperbaiki seperti lingkungan kerja fisik seperti pencahayaan dan suhu udara, lingkungan kerja berupa hubungan bawahan dengan atasan dan kepuasan kerja berupa imbalan gaji.

Kata Kunci: Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja

Subjek

HUMAN RESOURCES
 

Katalog

Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT Industri Telekomunikasi (Persero) Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REGINA MESAYU ARIVIANA
Perorangan
SYARIFUDDIN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SN843036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini