Penerapan Sistem Pengelolaan dan Pertukaran Data Gambar Medis Elektronik dengan menggunakan Standar HL7/FHIR (STUDI KASUS RUMAH SAKIT MATA CICENDO)

DIMAS ARIADI WIDODO

Informasi Dasar

19.04.1260
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Interoperabilitas informasi dalam dunia medis telah menjadi salah satu persoalan dalam pengembangan layanan kesehatan modern. Institusi kesehatan di negara-negara maju telah berusaha selama bertahun-tahun untuk mencapai interoperabilitas dalam informasi medis, namun terhambat pada masalah untuk menentukan standar informasi medis yang baik dan mendukungnya. HL7 adalah salah satu organisasi pengembang standar informasi kesehatan terkenal di dunia, dan juga merupakan pengembang dari Fast Health Interoperability Resource atau FHIR, sebuah standar informasi medis terbaru yang unggul dalam menerapkan struktur informasi medis yang matang secara cepat. Aspek interoperabilitas yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah medical imaging archive dengan menggunakan Picture Archiving and Communication System atau PACS. PACS adalah sebuah sistem informasi yang dibentuk khusus untuk menangani pengarsipan dan penggunaan gambar medis yang menggunakan standar informasi gambar medis yaitu DICOM. Penelitian ini dipusatkan pada pengembangan sebuah sistem PACS di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung untuk mendukung kegiatan penyimpanan dan penggunaan gambar medis, serta untuk menguji capaian interoperabilitas sistem dengan menggunakan standar FHIR.

Kata Kunci: DICOM, FHIR, HIE, HL7, PACS, Medical Imaging

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

Penerapan Sistem Pengelolaan dan Pertukaran Data Gambar Medis Elektronik dengan menggunakan Standar HL7/FHIR (STUDI KASUS RUMAH SAKIT MATA CICENDO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS ARIADI WIDODO
Perorangan
AHMAD MUSNANSYAH, NIA AMBARSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4B3 - INTEGRASI APLIKASI ENTERPRISE
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISI3J3 - INTEGRASI APLIKASI ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini