PENGEMBANGAN MOTIF POHON PINUS JENIS DENSIFLORA PADA APLIKASI BATIK BERBASIS WEB DENGAN METODE LINDENMAYER-SYSTEM (L-System)

FIKRI REKSA MAULANA

Informasi Dasar

19.04.1269
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu warisan budaya terbesar dan terbaik di Indonesia adalah batik. Salah satu cara untuk melestarikan batik adalah dengan mengekplorasi pola baru untuk dijadikan batik. Pola batik dapat diambil dari bentuk benda, tumbuhan, bahkan berbentuk hewan. Oleh karena itu pada penelitian ini, pola yang dijadikan batik adalah pola dari tumbuhan pinus kelompok Densiflora. Pola batik dikembangkan menggunakan metode L-System. Metode L-System dipilih karena metode tersebut banyak digunakan untuk memodelkan tumbuhan atau obyek-obyek yang memiliki sifat mirip dengan tumbuhan yaitu memanjang,bercabang dan berhenti tumbuh. Selain menggunakan L-system, metode Random walk juga digunakan dalam pengembangan motif batik ini. Random walk digunakan untuk menambah unsur stokastik pada pertumbuhan pohon pinus. Selanjutnya, model yang dikembangkan diimplementasikan ke dalam aplokasi pengembangan motif batik berbasis web. Berdasarkan pengujian visual, ketika jarak antar batang primer di perbesar maka dihasilkan motif batik pinus dengan jarak primer yang semakin besar pula. Hasil pengujian kuantitatif adalah sebagai berikut. Batas sekunder memiliki hubugan liner positif dengan jumlah batang sekunder. Batas tersier memiliki hubungan linier positif dengan jumlah batang tersier. Defiasi jumlah segment sekunder tidak berpengaruh pada jumlah seluruh segment sekunder. Defiasi jumlah segment tersier tidak berpengaruh pada jumlah seluruh segment tersier. Berdasarkan hasil survey sebegian besar sampel menyatakan bahwa motif batik yang dibuat sudah mirip dengan pohon pinus densiflora.

Subjek

COMPUTER PROGRAMMING
 

Katalog

PENGEMBANGAN MOTIF POHON PINUS JENIS DENSIFLORA PADA APLIKASI BATIK BERBASIS WEB DENGAN METODE LINDENMAYER-SYSTEM (L-System)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIKRI REKSA MAULANA
Perorangan
PURBA DARU KUSUMA, RUMANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • KUG1A3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • CEG2C3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini