STRATEGI RETENSI PELANGGAN PADA PENGGUNA DATA BROADBAND KARTU LOOP DI JABOTABEK

SALAFUDDIN GHILMANY

Informasi Dasar

19.05.042
C
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Volume dan frekuensi pembelian paket data oleh pelanggan merupakan salah satu ukuran keberhasilan operator dalam meluncurkansuatu produk data internet. Keputusan pembelian produk yang dilakukan pelanggan sangat tergantung oleh berbagai faktor dan salah satunya adalah kebutuhan gaya hidup digital. Segmen remaja dengan kisaran usia 12 – 18 tahun yang selalu ingin menunjukkan eksistensinya melalui gaya hidup digital, telah digarap Telkomsel sejak tahun 2014 melalui produk kartu Loop. Dengan daya beli yang relatif rendah, namun sangat aktif dalam mengonsumsi internet dan menggunakan media sosial berbasis online, segmen youth merupakan pasar yang menarik untuk digarap. Namun demikian, market share kartu Loop yang relatif masih rendah sejak kemunculannya di tahun 2014 sampai dengan tahun 2107 juga merupakan problem yang harus dianalisis. Dengan membuat analisis terhadap perilaku pelanggan loop dalam pemakaian layanan data internet baik secara volume, frekuensi maupun jenis aksesnya, maka memudahkan perusahaan dalam melakukan pendekatan pasar (marketing approach) yang sesuai dengan kaateristik pelanggan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah melakukan segmentasi pelanggan berdasarkan pola pemakaian layanan data internet pelanggan, di mana data penelitian yang digunakan merupakan data transaksi pelanggan kartu Loop dalam periode bulan Juni–Agustus 2018. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi insight buat Telkomsel dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan pendapatan layanan data (broadband revenue) dari segmen remaja.

Subjek

BUSINESS
 

Katalog

STRATEGI RETENSI PELANGGAN PADA PENGGUNA DATA BROADBAND KARTU LOOP DI JABOTABEK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALAFUDDIN GHILMANY
Perorangan
MAYA ARIYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • MMFA53 - MANAJEMEN STRATEGI
  • MMFB23 - PEMASARAN ERA DIGITAL
  • MMKA12 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini