PENGARUH VALUE ADDED CAPITAL EMPLOYED (VACA), VALUE ADDED HUMAN CAPITAL (VAHU) DAN STRUCTURAL CAPITAL VALUE ADDED (STVA) TERHADAP RETURN ON ASSETS (Studi Pada Perusahaan BUMN Subsektor Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2017)

NEZA NURUL AMALIA

Informasi Dasar

19.04.1298
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan nilai kepada sektor perbankan nasional memiliki nilai yang baik pada tahun 2018 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini didukung oleh beberapa faktor salah satunya adalah total aset industri perbankan mencapai Rp 7.368 triliun, tumbuh 9,25 persen dibandingkan tahun 2017. Berdasarkan hasil survei, teknologi sebagai aset tidak berwujud masih menjadi penggerak perkembangan bidang usaha nomor satu terumata dibidang perbankan.

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh dari nilai modal intelektual yang terdiri atas Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), dan Structural Capital Value Added (STVA) terhadap rasio pengembalian atas total aset yang dimiliki / Return On Assets (ROA) pada perusahaan BUMN subsektor bank periode 2007 sampai 2017.

Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan BUMN perbankan di Indonesia dan sampel yang dipilih menggunakan teknik non-probability sampling¬ yaitu metode sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel sehingga sampel berjumlah 4 perusahaan yaitu Bank BRI, BNI, BTN dan Mandiri. Data yang digunakan menggunakan data sekunder laporan keuangan dari masing-masing perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan program eviews.

Berdasarkan hasil pengujian, modal intelektual yang terdiri dari VACA, VAHU, dan STVA berpengaruh secara simultan terhadap ROA. Secara parsial VAHU memiliki pengaruh signifikan positif terhadap ROA. Sedangkan VACA dan STVA tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA . Perusahaan BUMN subsektor bank periode 2007-2017 sudah optimal dalam menciptakan dan mengelola inovasi serta kemampuan yang dimiliki oleh karyawan yang memicu produktivitas dalam menghasilkan pendapatan keuangan perusahaan. Namun dari sisi pengelolaan infrastuktur dan dalam mengidentifikasi kebutuhan serta keinginan pasar belum optimal.

Kata Kunci: Modal Intelektual, Value Added Capital Employed, Value Added Human Capital, Value Added Structural Capital, Return On Assets.

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH VALUE ADDED CAPITAL EMPLOYED (VACA), VALUE ADDED HUMAN CAPITAL (VAHU) DAN STRUCTURAL CAPITAL VALUE ADDED (STVA) TERHADAP RETURN ON ASSETS (Studi Pada Perusahaan BUMN Subsektor Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NEZA NURUL AMALIA
Perorangan
DADAN RAHADIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini