Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Pendapatan Orang Tua terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pribadi (Studi Kasus Generasi Milenial di Kota Palembang)

AFNA DALILAH

Informasi Dasar

19.04.1332
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perilaku manajemen keuangan pribadi merupakan salah satu konsep kunci dalam disiplin keuangan, dengan perilaku manajemen keuangan pribadi dapat membantu setiap individu dalam manajemen pengelolaan keuangan. Adanya perilaku manajemen keuangan merupakan dampak dari besarnya keinginan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan tingkat pendapatan yang diperoleh. Perilaku manajemen keuangan pribadi ditentukan oleh literasi keuangan, sikap keuangan dan pendapatan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan dan pendapatan orang tua terhadap perilaku manajemen keuangan pribadi dengan studi kasus generasi milenial di Kota Palembang. Pengumpulan data yang dibutuhkan pada penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang generasi milenial di Kota Palembang. Metode statistik pada penelitian ini menggunakan pengujian Uji F untuk uji validitas dan Uji t untuk menguji bagaimana pengaruh masing-masing variabel bebasnya secara sendiri-sendiri terhadap variabel terikatnya. Kemudian menggunakan Cronbach’s Alpha dalam melakukan pengujian reliabilitas pada penelitian ini. Temuan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku manajemen keuangan pribadi. Sedangkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan orang tua terhadap perilaku manajemen keuangan pribadi.

Subjek

Financial planning-personal
 

Katalog

Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Pendapatan Orang Tua terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pribadi (Studi Kasus Generasi Milenial di Kota Palembang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AFNA DALILAH
Perorangan
ANISAH FIRLI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini