ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS TELKOM (Perbandingan Mahasiswa Program Studi Berbasis Ekonomi & Non Ekonomi)

SITI ALIAH SUPRIADI

Informasi Dasar

19.04.1337
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perilaku konsumtif mahasiswa terjadi karena rendahnya tingkat literasi keuangan yang dimiliki oleh mahasiswa. Sangat disayangkan karena literasi keuangan sangat penting bagi seorang individu dimana bisa membuat individu terhindar dari masalah keuangan dan mempengaruhi perilaku keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa di Universitas Telkom serta perbedaannya antara mahasiswa yang berasal dari program studi berbasis ekonomi dan non ekonomi.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Universitas Telkom tahun 2018 yang berjumlah 28.740 mahasiswa. Sampel penelitian ini berjumlah 400 diambil dengan teknik probability sampling. Responden yang terkumpul adalah 128 mahasiswa berasal dari program studi berbasis ekonomi dan 272 mahasiswa berasal dari program studi berbasis non ekonomi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Uji validitas dan reabilitas digunakan pada variable literasi keuangan dan perilaku keuangan. Analisis data menggunakan Chi-Square dan Mann Whitney.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak mempengaruhi perilaku keuangan mahaiswa di Universitas Telkom. Terdapat perbedaan tingkat literasi keuangan mahasiswa yang berasal dari program studi berbasis ekonomi dan non ekonomi, dengan rata-rata lebih tinggi mahasiswa berbasis ekonomi. Secara keseluruhan tingkat literasi keuangan mahasiswa paling tinggi ada pada dimensi manajemen uang dan paling rendah pada dimensi tabungan dan investasi. Serta tidak adanya perbedaan tingkat perilaku keuangan mahasiswa yang berasal dari program studi berbasis ekonomi dan non ekonomi.

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS TELKOM (Perbandingan Mahasiswa Program Studi Berbasis Ekonomi & Non Ekonomi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI ALIAH SUPRIADI
Perorangan
ASTRIE KRISNAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini