Pengaruh The Public Good dan Knowledge Self Efficacy Terhadap Niat Konsumen Melakukan Electronic Word of Mouth (e-WOM) (Studi Pada Pengguna Kaskus di Indonesia)

NURUL HAFIZAH

Informasi Dasar

19.04.1343
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan kemajuan teknologi yang pesat khususnya jaringan internet WWW yang mampu memberikan pilihan-pilihan informasi mengenai suatu produk memungkinkan adanya sebuah komunikasi word-of-mouth yang tidak hanya menjadi sebuah bentuk komunikasi person-to-person namun juga memberikan kesempatan untuk merambat secara mendunia melalui media online yang biasa dikenal dengan Electronic Word of Mouth (e-WOM). Media untuk melakukan e-WOM juga semakin banyak, salah satunya adalah dengan menggunakan online opinion platforms atau discussion forums. Salah satu online opinion platforms atau discussion forums yang dapat digunakan untuk melakukan e-WOM adalah Kaskus. Dalam penelitian ini, penulis fokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen melakukan e-WOM di Kaskus. Penulis membangun literatur psikologi sosial berdasarkan the public good dan knowledge self-efficacy, penulis mengidentifikasi motif utama dari niat konsumen melakukan e-WOM dan mengembangkan model terkait seperti Egoisme (reputasi dan timbal balik), Collectivisme (rasa memiliki), Altruisme (kenikmatan membantu), Prinsiplisme (prinsip moral) dan Knowledge Self-Efficacy. Penulis menguji model penelitian dengan sampel 100 pengguna Kaskus di Indonesia. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 27.9% varians dengan persepsi mengenai kenikmatan membantu, rasa memiliki dan reputasi berpengaruh positif dengan niat pengguna Kaskus melakukan e-WOM, hasil tersebut dapat diindikasikan perpengaruh moderat (sedang).

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth (e-WOM), Public Good, Knowledge SelF Efficacy, Reputasi, Kolektivisme, dan Altruisme.

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
 

Katalog

Pengaruh The Public Good dan Knowledge Self Efficacy Terhadap Niat Konsumen Melakukan Electronic Word of Mouth (e-WOM) (Studi Pada Pengguna Kaskus di Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURUL HAFIZAH
Perorangan
MAYA ARIYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini