ANALISIS JARINGAN TEKS MENGENAI PERSEPSI KUALITAS LAYANAN PADA INTERAKSI PENGGUNA TWITTER TERKAIT BISNIS E-COMMERCE DI BULAN RAMADHAN (Studi Kasus E-commerce Tokopedia, Bukalapak dan Shopee)

RUDI RINALDI

Informasi Dasar

19.04.1346
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan era digital menyebabkan internet menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Peningkatan jumlah pengguna internet yang ada di Indonesia menciptakan budaya baru dalam berbisnis yaitu adanya bisnis e-commerce. Tiga e-commerce C2C dengan jumlah pengunjung tertinggi di Indonesia adalah Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Ketiga e-commerce tersebut pada bulan Ramadhan berlomba-lomba melakukan event berupa potongan harga kepada konsumen salah satunya melalui media sosial. Informasi yang disebarkan oleh pengguna dalam media sosial disebut dengan User Generated Content (UGC).
Perusahaan memerlukan analisis media sosial untuk melihat interaksi para pengguna dengan perusahaan dari UGC di media sosial. Analisis tersebut dapat memunculkan sebuah keputusan baru bagi para perusahaan e-commerce untuk membantu meningkatkan pemasarannya melalui media sosial dan mengevaluasi kualitas layanan pengguna Twitter mengenai bisnis e-commerce. Metode yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam melakukan analisis pola interaksi pengguna dengan perusahaan menggunakan metode Text Network Analysis untuk mengetahui persepsi kualitas layanan dari pelanggan berdasarkan dimensi E-SERVQUAL. Hasil dari penelitian ini menghasilkan persepsi dominan e-commerce adalah diskon, koinshopee, flashsale, transaksi, website, pembayaran, barang, goyanghujanemas, promo, pengiriman dan pembelian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan lima dimensi kualitas layanan e-commerce, pada hasil penelitian menyatakan bahwa dimensi personalization, reliability dan trust sudah dianggap baik, sedangkan dua dimensi lainnya yaitu responsiveness dan web design masih kurang baik. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanannya.

Kata Kunci: E-Commerce; Persepsi; Kualitas Layanan; Big Data; Text Network Analysis.

Subjek

Marketing - Management
 

Katalog

ANALISIS JARINGAN TEKS MENGENAI PERSEPSI KUALITAS LAYANAN PADA INTERAKSI PENGGUNA TWITTER TERKAIT BISNIS E-COMMERCE DI BULAN RAMADHAN (Studi Kasus E-commerce Tokopedia, Bukalapak dan Shopee)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RUDI RINALDI
Perorangan
REFI RIFALDI WINDYA GIRI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini