Pengaruh Penggunaan IM Whatsapp terhadap Keterbukaan Diri Mahasiswa kepada Dosen Wali (Studi pada Mahasiswa Telkom University)

KHOLISA NUR LAILI

Informasi Dasar

19.04.1404
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan IM Whatsapp terhadap keterbukaan diri mahasiswa Universitas Telkom kepada dosen wali. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu penggunaan IM Whatsapp dengan dimensi variabel pengetahuan tentang karakteristik, manfaat, dan penggunaan. Variabel terikat yaitu keterbukaan diri dengan dimensi variabel ukuran, valensi keterbukaan diri, kecermatan & kejujuran, maksud & tujuan, dan keakraban. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Telkom University. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dari penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas, analisis korelasi Pearson, koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana, dan uji t. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan IM Whatsapp terhadap Keterbukaan Diri. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Karena nilai thitung (5,29) > ttabel (1,660), maka H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh penggunaan IM Whatsapp terhadap Keterbukaan Diri. Nilai yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi (r) menunjukkan bahwa besaran hasilnya sebesar 22,3%. Dengan demikian, penggunaan IM Whatsapp memberikan pengaruh sebesar 22,3% terhadap keterbukaan diri mahasiswa kepada dosen wali dan sisanya sebesar 77,7% merupakan kontribusi selain penggunaan IM Whatsapp.

Kata kunci: Penggunaan IM Whatsapp, Keterbukaan Diri.

Subjek

COMMUNICATION-INTERPERSONAL
 

Katalog

Pengaruh Penggunaan IM Whatsapp terhadap Keterbukaan Diri Mahasiswa kepada Dosen Wali (Studi pada Mahasiswa Telkom University)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHOLISA NUR LAILI
Perorangan
MAULANA REZI RAMADHANA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • COH1B3 - PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
  • COH2A3 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI
  • COH2B3 - TEORI KOMUNIKASI
  • KII1C3 - PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
  • KII1H3 - TEORI KOMUNIKASI
  • KII2C2 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini